Bagi kamu penggemar Windows, mendengar istilah UWP (Universal Windows Platform) bukanlah hal yang baru. Ini adalah platform aplikasi universal yang bisa berjalan di berbagai macam perangkat Windows, mulai dari ponsel, tablet, laptop, PC, hingga Xbox! Berbagai aplikasi UWP sudah ada di Microsoft Store dan beberapa diantara kamu mungkin pernah menggunakannya.

Kini ide brilian tentang aplikasi universal tersebut nampaknya akan diadopsi oleh Apple, yang saat ini dikabarkan tengah menyiapkan platform aplikasi universal juga. Dengan aplikasi universal ini nantinya developer cukup membuat satu aplikasi saja, dan aplikasi tersebut bisa dijalankan di iPhone, iPad, serta perangkat Mac. (Baca:  Apple Siap Bikin Universal Apps untuk iOS dan macOS )

Jadi jika dijalankan di iPhone / iPad, aplikasi tersebut akan touch friendly dan menyesuaikan dengan ukuran layar kecil, sedangkan jika dijalankan di Mac aplikasi tersebut akan mouse friendly dan menyesuaikan dengan ukuran layar Mac. Terdengar familiar?

Microsoft sudah mengeksekusi UWP ini lebih dulu daripada Apple, dimana aplikasi Windows 10 Mobile bisa dijalankan juga di Windows 10 PC / Tablet. Bahkan konsep aplikasi universal sudah diperkenalkan Microsoft sejak era Windows Phone 8.1 dan Windows 8.1. (Baca juga:  Mengenal Universal App di Windows 8.1, Inilah Detail Penjelasannya )

Aplikasi UWP ini juga menjadi aplikasi andalan bagi fitur Continuum di Windows 10 Mobile. Jadi jangan heran jika satu per satu aplikasi bawaan Windows 10 juga sudah dirombak menjadi UWP.

Tetapi ada beberapa hal yang saat ini masih menjadi celah.

Pertama, Microsoft sudah menyatakan tidak lagi fokus di pengembangan Windows 10 Mobile, padahal salah satu manfaat utama dari UWP tentu ketika aplikasi UWP di ponsel bisa dijalankan di PC — dan begitu pula sebaliknya. Tanpa market mobile yang besar (dan ngomong-ngomong ponsel adalah perangkat paling populer saat ini dan sama sekali belum menunjukkan trend turun), manfaat aplikasi UWP di Windows bakal terasa berkurang. Sedangkan bagi Apple, market iPhone masih cukup kuat meskipun terus diserbu oleh gempuran ponsel Android. Aplikasi universal Apple mungkin akan lebih menarik bagi pengguna.

Kedua, dukungan developer terhadap aplikasi Windows 10 Mobile jelas tidak sebesar dukungan developer terhadap aplikasi iOS. Jika platform aplikasi universal diperkenalkan oleh Apple, bukan tidak mungkin developer iOS akan berbondong-bondong mengadopsinya, membuat perkembangannya jadi lebih cepat dari UWP itu sendiri (bahkan Microsoft mungkin bakal langsung mengupdate aplikasi andalannya di iOS seperti Office dsb menjadi universal untuk Mac). Sedangkan bagi developer aplikasi Windows 10 PC, mengadopsi UWP bukan lagi menjadi prioritas karena market Windows 10 Mobile yang semakin tipis.

Sebegitu besar sebenarnya peranan Windows 10 Mobile bagi ekosistem Windows secara keseluruhan, dan sangat disayangkan ketika platform Windows 10 Mobile ini tidak dipertahankan — meskipun Microsoft dikabarkan tengah mengerjakan Andromeda, sistem operasi Windows universal yang bisa berjalan di semua perangkat, termasuk ponsel. (Baca:  Microsoft Andromeda OS, Satu Windows untuk Semua Perangkat )

Microsoft UWP vs Aplikasi Universal Apple yang akan diperkenalkan tahun depan bakal menjadi ajang pembuktian ide vs eksekusi. Ide aplikasi universal merupakan ide yang sangat brilian. Memudahkan developer untuk meraih market seluas-luasnya di semua jenis perangkat, sekaligus memudahkan pengguna karena bisa menikmati aplikasi favoritnya di semua perangkat. Tetapi pemenangnya bakal ditentukan oleh siapa yang mengeksekusi ide ini dengan lebih baik.

Sebagai informasi, Google juga melakukan hal serupa dengan menghadirkan Play Store ke Chromebook, mencoba memberikan opsi bagi pengguna Chromebook untuk menjalankan aplikasi Android di laptop mereka. (Baca juga:  9 Alasan Kenapa Microsoft Perlu Waspada dengan Aplikasi Android di Chrome OS )

Jika tiga raksasa teknologi pengembang platform tersebut (Microsoft, Apple, dan Google) sudah mengarah ke aplikasi universal, maka tidak bisa dihindari bahwa aplikasi universal adalah masa depan. Satu aplikasi, untuk semua perangkat.

Pertanyaannya, siapa yang akan menyelesaikan eksekusi aplikasi universal ini dengan lebih baik — Microsoft atau Apple?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.