Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Banyak Fitur Keren!

Jika kamu penasaran seperti apa Windows 10 ‘Redstone 4’ nantinya, kamu wajib download dan install Windows 10 Insider Build 17063 terbaru ini. Ini karena fitur baru yang bakal diusung Microsoft ke update mayor Windows 10 selanjutnya sudah ditanamkan di build ini.

Fitur Keren 1: Timeline

Inilah fitur besar sekaligus fitur baru utama yang akan dihadirkan Microsoft ke Windows 10 selanjutnya. Timeline kini sudah bisa kamu cicipi di build 17063 ini.

Melalui Timeline kamu bisa melihat deretan aktivitas yang kamu lakukan, baik di PC yang sedang kamu gunakan, di Windows PC lain, ataupun di perangkat iOS dan Android. Dengan begitu kamu bisa melanjutkan aktivitas kamu dari perangkat lain ke PC tersebut.

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Banyak Fitur Keren!

Kamu bisa menampilkan seluruh aktivitas harian, atau mencari melalui search jika kesulitan menemukannya.

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Banyak Fitur Keren!

Untuk saat ini berbagai aktivitas yang kamu lakukan di Microsoft Edge, Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, OneNote), hingga aplikasi UWP seperti Maps, News, Money, Sports, dan Weather bakal tampil di Timeline. Developer aplikasi tentu bisa mengupdate aplikasi mereka agar mendukung fitur Timeline ini.

Satu hal yang menarik, kamu bisa tracking aktivitas tidak hanya dari satu Microsoft Account, tetapi dari beberapa akun Microsoft yang kamu miliki.

Cortana sudah mendukung fitur Timeline ini juga, sehingga makin memudahkan kamu untuk melanjutkan aktivitas dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Fitur Keren 2: Sets

Fitur keren kedua adalah Sets. Bagi kamu yang belum tahu, ini adalah fitur tab di aplikasi Windows 10. Tapi bukan sekedar tab biasa, melainkan tab cerdas yang bisa kamu gunakan untuk browsing, menemukan dokumen yang berhubungan, membuka dokumen lain dalap tab — bahkan jika berbeda aplikasi, dsb. (Baca:  Inilah Sets — Fitur Tab Cerdas di Windows 10 )

Untuk saat ini Microsoft Edge, Microsoft Office (Mail & Calendar, OneNote), dan beberapa elemen di Windows 10 sudah mendukung fitur Sets ini.

Sayangnya tidak semua member Insider bakal mendapatkannya, karena fitur Sets ini masih dalam tahap pengujuan dan hanya dirilis untuk beberapa member insider saja. Jika kamu sudah update ke build 17063, silakan di cek apakah fitur Sets bisa kamu nikmati. Jika bisa, kamu sangat beruntung.

Tampilan Semakin ‘Blur dan Transparan’

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Fitur Baru Keren!

Masih ingat dengan konsep desain baru di Windows 10 yaitu Fluent Design System? Di build ini berbagai elemen Windows 10 sudah dibuat semakin fluent, sehingga kamu akan mendapati tampilan blur dan transparan di berbagai sudut, mulai dari Start Menu, Action Center, Flyout Box, Microsoft Edge, dsb.

Microsoft Edge

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Fitur Baru Keren!

Kali ini Microsoft Edge sudah mendukung Dark Time baru, dengan tampilan yang lebih gelap dan lebih kontras dari sebelumnya.

Selain itu Edge juga sudah support push notifications, sehingga kamu bisa mendapatkan notifikasi website di Action Center meskipun browser Edge sudah kamu tutup.

File Explorer ‘Cloud’

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Fitur Baru Keren!

Kini di File Explorer telah ditambahkan icon status keberadaan file / folder yang tersimpan di cloud. Kamu jadi tahu apakah file / folder tersebut ada di cloud atau tersimpan local di PC.

People

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Fitur Baru Keren!

Akhirnya kamu bisa pin contacts lebih dari 3 orang di taskbar. Kamu bisa atur dengan drag and drop , bahkan bisa meletakkan banyak sekali contacts tanpa memenuhi Taskbar karena sudah adanya flyout.

Windows Defender Application Guard

Microsoft membawa Windows Defender Application Guard ke Windows 10 Pro. Artinya saat kamu browsing ke website yang dikenali / terpercaya, maka Microsoft Edge berlaku seperti biasanya — bisa mengakses local storage, cookies, dsb. Tetapi saat kamu membuka website yang tidak dikenali / kurang terpercaya, Microsoft Edge akan dijalankan dalam mode terisolasi, berjalan di kernel yang terpisah, dan tidak bisa mengakses memory, local storage, dsb. Hasilnya kamu bakal lebih aman dari serangan eksploit yang ganas sekalipun.

Masih Banyak Perubahan Lainnya

Kamu Perlu Coba Windows 10 Build 17063, Ada Fitur Baru Keren!

Selain berbagai perubahan besar diatas, masih ada banyak sekali perubahan di build insider 17063 ini.

Dan bagi kamu yang penasaran tapi tidak ingin mencoba Windows 10 Insider ini sendiri — tenang, video review selengkapnya akan WinPoin rilis sebentar lagi. Stay tuned!

via microsoft

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.