Seperti yang sudah kita tahu, mengaktifkan lisensi Windows 11 mungkin dapat dilakukan juga menggunakan lisensi Windows lebih lama, misalkan Windows 8 atau Windows 7 (dengan versi yang setara), namun tahukah kamu, jika kamu ingin melakukan in place upgrade dari kedua OS tersebut ke Windows 11, mungkin hal tersebut tidak dapat dilakukan, kenapa? berikut WinPoin rangkum alasan singkatnya.

Kebutuhan Windows 11

Untuk mendapatkan upgrade ke Windows 11, tentu saja perangkat dan OS yang kini kamu gunakan sudah sepenuhnya memenuhi minimum requirement Windows 11, misalkan UEFI, Secure Boot, dan TPM 2.0 yang tentu saja sudah menjadi kebutuhan utama.

Namun untuk versi Windows yang lebih lama (misalkan Windows 7), kebanyakan Windows 7 berjalan di BIOS legacy, jadi upgrade secara langsung ke Windows 11 sudah pasti tidak dapat dilakukan.

Untuk Upgrade, Minimal Sudah di Windows 10 2004

Selain poin pertama, Microsoft juga mengatakan bahwa persyaratan minimum untuk upgrade ke Windows 11 adalah pengguna sudah menggunakan Windows 10 2004 atau yang lebih baru atau 1909 untuk versi Enterprise (UEFI bukan Legacy), sehingga bahkan dengan itu kamu tetap harus memperbarui versi Windows 10 kamu sebelum mendapatkan upgrade Windows 11.

Nah dengan hal tersebut, tentunya ada opsi berbeda jika kamu ingin melakukan in place app upgrade, untuk kamu pengguna Windows 7 dan 8, sayangnya kamu harus clean install Windows tersebut dengan Windows 11 terbaru, dengan catatan mungkin lisensi yang digunakan tidak bekerja dengan baik seperti lisensi Windows 10 ke Windows 11 (saya belum coba soalnya), dan untuk kamu pengguna Windows 10, untuk upgrade ke Windows 11, kamu wajib menggunakan Windows 10 dengan jenis bootable UEFI dan sudah berada di versi 2004 atau yang lebih baru.

Nah bagaimana menurutmu? apakah in place upgrade dari Windows 7 dan 8 akan dimungkinkan? komen pendapatmu dibawah guys.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.