Home Editorial Inilah 11 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Inilah 11 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Inovasi teknologi datang dan pergi. Banyak teknologi yang populer pada masanya kini sudah sulit untuk ditemui lagi. Namun  11 teknologi ini cukup berbeda.

Selain tingginya popularitas di masa jayanya hingga membuatnya menjadi legenda dan melekat kuat di kalangan penggunanya, fungsi dan fitur beberapa teknologi ini juga masih relevan untuk digunakan sampai sekarang.

Artinya meskipun sudah dibuat pada era kakek nekek, orang tua, atau saat kita kecil dulu, tetapi kita masih bisa menemuinya dengan sangat mudah di sekitar kita.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat nampaknya juga belum mampu untuk menggerus 11 teknologi jadul ini secara tuntas.

Lalu apa saja 11 teknologi jadul tersebut? Inilah beberapa diantaranya:

 

11. Windows XP

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sang legenda ini nampaknya cukup sulit untuk benar-benar hilang dari peredaran. Meskipun Microsoft sudah menghentikan support, patch, dan update bagi Windows XP, banyak kalangan masih enggan beralih dari OS tua ini. (Baca juga: Sudah Setahun Lebih Masa Support Windows XP Habis, Penggunanya Masih Saja Banyak)

Perkantoran, fasilitas usaha, fasilitas umum dan pemerintahan, pertokoan, hingga warnet dan sekolah masih banyak yang menggunakan OS ini. Bahkan yang lebih greget lagi, mesin ATM maupun kalangan perbankan juga masih ada yang menggunakan OS ini.

 

10. Fax

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sekarang tentunya kamu bisa melakukan scan dokumen dan mengirimkannya lewat email. Tetapi penggunaan Fax di berbagai kantor dan fasilitas pemerintahan masih tetap menjadi primadona — seolah lupa bahwa scan & kirim dokumen via email sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

 

9. USB 2.0

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sekarang udah mulai masuk era USB Type-C di berbagai device dan smartphone terbaru. Lalu sudah lama juga beredar USB 3.0 dan 3.1. Tetapi nampaknya masih susah bagi kita untuk meninggalkan USB 2.0 (Baca juga: Apa itu USB Type-C, dan Kenapa Kamu Harus Mengetahuinya)

Port USB lawas ini masih bisa kita temui di berbagai device mulai dari komputer, laptop, notebook, USB hub, hingga di beberapa hybrid terbaru.

 

8. BlackBerry

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Dulu siapa yang tidak terlihat keren ketika mententeng BlackBerry dan mengeluarkannya dari saku bajunya?

Tetapi saat ini ketika ngomongin tentang OS mobile, pasti yang paling banyak disebut adalah Android dan iOS.

Bahkan BlackBerry sendiri sudah menyerah dengan OS mereka. Di device BB terbaru mereka BlackBerry Priv, BlackBerry lebih memilih untuk menggunakan Android daripada BlackBerry OS kebesaran mereka. (Baca juga: Inilah BlackBerry Priv, Device BB Pertama ber-OS Android)

Namun demikian coba tengok kiri-kanan ketika kamu di mall atau di tempat umum. Pasti sedikit banyak kamu masih bisa menemukan orang yang menggunakan smartphone BlackBerry.

Yep, popularitas BlackBerry di masa lalu membuat device ini masih banyak beredar di sekitar kita, terlebih di Indonesia.

Dan ngomong-ngomong tentang popularitas BlackBerry di masa lalu, masih ingatkah kamu bagaimana ribuan orang rela mengantri berdesak-desakan hingga beberapa diantaranya terinjak-injak dan patah tulang demi untuk mendapatkan BlackBerry Bellagio di Jakarta?

 

7. Hardisk

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sudah cukup lama SSD beredar di market teknologi, tetapi teknologi penyimpanan terbaru ini belum juga mampu menggeser hardisk berteknologi lama yang masih menggunakan piringan berputar.

Masalah harga dan besarnya kapasitas memang masih menjadi penghalang bagi SSD untuk bisa menggeser hardisk dari pasaran, meskipun di berbagai device terbaru (hybrid 2-in-one misalnya), penggunaan hardisk sudah jarang ditemui.

 

6. SMS Banking

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Dulu sebelum ada era internet, SMS banking merupakan teknologi mobile payment paling kece yang membuat kamu bisa bayar dan transfer via mobile.

Sampai akhirnya muncul era smartphone dan internet, dimana kamu bisa melakukan mobile payment melalui web browser atau aplikasi mobile.

Namun ternyata dikala mobile payment via internet sudah lama ada, SMS banking tetap menjadi teknologi yang tidak tergantikan. Hingga saat ini beberapa orang masih lebih senang melakukan transfer dan pembayaran via SMS banking daripada internet banking.

 

5. Port VGA dan DVI

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Pertama kali muncul sejak tahun 1987, port VGA masih bisa kamu temui di berbagai output graphic card ataupun monitor flat terbaru saat ini.

Hal yang sama juga berlaku bagi port DVI yang masih sering ditemui meskipun HDMI sudah menjadi standard baru.

Tahun 2015 yang dikabarkan bakal menjadi akhir bagi port VGA dan DVI nyatanya tidak mampu membuat dua port ini hilang begitu saja dari pasaran.

 

4. Password

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Password masih menjadi proteksi utama dari setiap account yang kita miliki. Bahkan ketika Microsoft dan banyak perusahaan teknologi lain berusaha “mematikan” password dengan dikembangkannya face, fingerprints, dan retina recognition seperti yang ada di Windows Hello, Password masih tetap tak tergantikan.

Kalaupun nanti bisa digantikan oleh teknologi biometric sensor yang terus bermunculan, bakal membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa menyingkirkan password dari hadapan kita. (Baca juga: Dengan USB Biometric Sensor Eksternal Kamu Bisa Pake Windows Hello di PC Jadul)

 

3. Optical Drive

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Kalo kamu perhatikan dengan seksama, sebenernya Optical Drive sekarang sudah tidak lagi menjadi bagian krusial dari sebuah PC. Bahkan Optical Drive sudah tidak lagi bisa kita temui di device hybrid 2-in-1 yang memang mengedepankan ringan, tipis, dan portabilitas.

Driver dan software sudah bisa didownload dari internet, dan Windows pun bisa diinstall via USB Flashdisk. Bahkan Windows 10 sudah dijual secara online dalam versi digital serta dalam bentuk USB Flashdisk. (Baca juga: Windows 10 Sudah Mulai Dijual dalam Bentuk Flashdisk)

Namun demikian setiap kali membeli PC atau laptop baru, banyak yang masih memilih device yang dilengkapi dengan Optical Drive. Sebagian besar orang nampaknya juga masih merasa bahwa tanpa DVD-ROM ini PC nya belumlah lengkap.

Bahkan ketika kamu membeli laptop non-OS, driver laptop tersebut masih sering disertakan dalam bentuk CD / DVD.

 

2. SMS

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Dulu tidak ada cara lain yang lebih populer untuk berkomunikasi teks via mobile selain melalui SMS. Namun seiring dengan mulai banyaknya aplikasi chat dan messaging seperti BBM, WhatsApp, Line, Skype, Email, Twitter, Facebook Messenger dan sebagainya, penggunaan SMS memang sudah banyak berkurang.

Tetapi berbagai opsi internet messaging dengan segala kecanggihannya tersebut masih belum mampu menghilangkan SMS dari genggaman setiap pengguna mobile.

Seringkali pengguna smartphone masih menggunakan SMS, terlebih jika jaringan internet lagi susah ataupun kuota internet sudah mulai habis.

 

1. Email

Cara Mengirim Email Melalui Sticky Notes di Windows 10 (1)

Dan inilah legend dari segala legend teknologi jadul yang masih ngeksis hingga saat ini. Pertama kali ditemukan pada tahun 1960an, email masih menjadi bagian yang penting di era modern ini.

Komunikasi bisnis ataupun personal masih banyak yang dilakukan via email. Bahkan mendaftar berbagai layanan dan aplikasi modern juga mayoritas masih menggunakan email.

Dengan fungsi dan penggunaannya saat ini, email mungkin menjadi salah satu teknologi yang paling sulit tergerus jaman.

 

Itulah 11 teknologi yang meskipun sudah jadul, tetapi masih banyak kita temui di sekitar kita. Bahkan kamu sendiri mungkin masih sering menggunakan beberapa diantaranya.

Dari 11 teknologi jadul diatas, mana yang masih sangat sering kamu gunakan dan mana yang sudah tidak pernah kamu gunakan lagi?

Bagikan kisah dan experience kamu disini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Usb 2.0, hardisk, port vga, password, opt.drive, sms. Msh bnyk juga yg gue pake tp ga sadar ini teknologi udh lawas bgt :D

    • hihihi…iya, emang susah tergantikan meskipun versi yang baru sudah bermunculan :D

      • Selama msh nyaman dan bisa diandelin buat ane ga masalah sih ;))

    • ruddoank

      termasuk SETRIKA ane nich dari jaman KAKEK NENEK masih aku PAKAI, tergantung USER nya merawatnya………. heheheheheheheeeeeeeeeee…………………………………………..

  • Agi

    USB 2.0 tuh bang masih banyak :D Lagian FD masih make 2.0 kalo hardisk mah 3.0

  • Mochammad Reza

    Sms mah bakal hidup terus sampai kapan pun,orang jualan pulsa make sms,hehe

  • Wah SMS Banking nya pake teknologi jadul juga, lewat Nokia Symbian ( E72 ), dan kalo ga salah yg bawah juga notif SMS Nokia. Jadi kesimpulan Nokia-pun masih belum tergerus jaman, apalagi Symbian nya masih bnyk komunitas yg pake symbian juga Nokia… :D

  • Whyu Wa

    sya masih pke sms,windows xp, port vga, optical drive, harddisk, USB 2.0 … karna komputer sya jg masih tergolong jadul hehe

  • Kurotsuki Kaitou

    Password ga akan kemana-mana. Biometrik hanya menggantikan crap password yang biasanya diisi asal-asalan ama pengguna. Lebih ke arah convenient daripada security. Segala konten yang confidential/classified tetep harus pake password yang panjang dan berupa gabungan huruf kecil, huruf besar, angka, dan tanda baca.

  • Banyak nih…
    USB 2.0, Password, VGA masih perlu (Padahal laptop saya ada HDMI)

    Fax blm pernah pake sama sekali :D Sekarang kalo punya juga percuma, punya printer AiO kok :D

  • Gondo

    Menelpon teknologi yg masih susah digantikan.

    • BUDI

      karena “PHONE” masih ada dalam kata “SMARTPHONE”

      • Gondo

        Iya iya :), Tapi maksud saya sih menelpon cara lama Dari operator ke operator lain masih belum tergantikan walaupun sudah ada ada line call, WhatsApp call, dll…

  • user.unkwon

    VGA ga ada om,kebanyakan presentasi colok ke proyektor pake VGA
    SMS ga bakal mati,mau aktivasi paket ineternet pake app dlu?udah keburu ngacir pulsanya *curcol haha

  • Dixa

    Ane gak sependapat min kalo itu semua teknologi jadul, diantara 10 itu, yang teknologi jadul menurut ane adalah fax dan vga port…

    Kalo yang laen itu semuanya sudah berevolusi, gak bisa dibilang jadul pada hari ini… Dulu Windows xp, dan sekarang berevolusi menjadi Windows 10.. Dulu CD 600MB, skrg sudah ada yg 25GB, dulu HDD 40GB skrg sudah ada 4TB… Tapi kalo vga port warna biru itu, dari pertama sampe sekarang gak berubah2, itu baru namanya jadul, dan usianya pun sudah termasuk tua…

    Nah kalo mimin bilang SMS itu jadul, berarti Email lebih jadul, harus dimasukkan donk…. *pensive
    :D

    Menurut ane, teknologi jadul yang gak akan hilang oleh zaman sampai kapanpun adalah peniti, jarum, dan pemotong kuku… Palingan nanti dimodif-modif sedikit kedepannya, misal pemotong kuku dikasih flashdisk :D

  • Stephan Raditya

    hmm
    Windows XP, USB 2.0, Port VGA, dan Password…!

  • semua teknologi di atas kecuali fax, masih sering saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari, karena menurut saya teknologi-teknologi tersebut masih bisa memenuhi kebutuhan saya :D

  • ROTAN27

    sorry oot kang febian,
    sekarang winpoin ganti template web ya?
    sedikit pendapat aja,
    1. bagian headline/trending kalo bisa gradasinya ilangin aja, kang. Pakai warna2 khas microsoft yg flat aja, kayak cyan, amber, teal dll.
    2. terus grid pada headline isi lebih 4 berita aja, kalo cuma 3 kesannya sepi kang…
    3. coba font-nya ganti pake SegoeUI yg clear-type kang..

    ya ane rasa sih bakal lebih bagus aja kalo konsep web-nya kental suasana Microsoftnya.. hehe
    ga usah takut disangka plagiat, toh emang Windows Portal .. :D

  • Dante Niro

    NOKIA yang jadul gx masuk min..?yang lyarnya kuning itu lho,tu hp kegemaran ane dari dulu ampe sekarang,udah jatuh bnyak kali,mungkin klx hp sekarang jatuh satu kali ja dah diopname ya..,ni hp ane malah waras gx kenapa-napa

    • 3widyan

      nokia itu sudah tergerus zaman, jarang yang pake nokia lagi sekarang.

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Bluetooth bagaimana? Infrared mulai langka dan sekarang ada NFC.

    • Wira

      Nah iya tuh, mayoritas orang Indonesia belum tau NFC

    • Zulmi Kurniawan

      Infrared sih kayaknya mulai ada lagi. Tapi jd remote tv, ac dll.

  • ZAi

    :v lol DVD/CD-Rom memaang masih di perlukan terutama yang beli kaset game ori (yang ukurannya puluhan giga kan males kalau download)

  • hprabowo

    USB 2.0, Harddisk, password, SMS masih pakai,

    kalau yang lainnya udah ga pernah pakai :3

  • BUDI

    Windows XP paling the best lah kalo mau produktif di spek komputer low;
    Fax ngga pernah make; USB 2.0 masih WAJIB buat ada di laptop;
    Blackberry? ponselnya ngga pernah punya dan utak-atik;
    Harddisk? Wih masih WAJIB banget, space yang lega dan harga yang masih ramah kantong;
    SMS Banking? hehehehe… dari mobile banking apps di WP aja ujung-ujungnya konfirmasi make SMS banking;
    PORT VGA? Masih wajib karena proyektor kampus kabelnya masih make VGA *terpaksa beli converter HDMI to VGA karena laptop ngga ada port VGA*;
    Password? Masih bertahan, karena ngga semua orang punya mesin input macem iris scanner yang masih mahal itu;
    Optical drive? Masih terpakai karena kadang bisa jadi backup software segala macem kalo misalnya terjadi hal yang tidak diinginkan pada harddisk;
    SMS? Karena harganya yang makin mahal per SMS, jadi mulai ngga pake padahal sih berguna banget karena sering miss communication sama kelas kampus karena beda-beda chatting appsnya.

  • Adi Nugroho Tj

    Ntah kenapa gak diganti USB aja itu CD/DVD driver n game :v

  • Rizal Faisal Akbar

    bicara soal teknologi, sedikit tambahan gan :

    1. Monitor Tabung : meski sudah banyak teknologi layar LCD/LED bertebaran di dunia, Monitor Tabung masih tetap eksis meskipun sudah berubah fungsi sebagai TV yang digabungkan dengan TV Tuner

    2. Port PS/2 : Keyboard dan Mouse sekarang sudah menggunakan teknologi USB Port. Tapi beberapa tempat masih ada yang menggunakan Port PS/2 ini karena keterbatasan slot USB. Jadi masih lebih efisien dengan jumlah slot USB yang sedikit.

    3. CD/DVD disc : Blu-ray sekarang udah jenis disc yang menjanjikan karena kecepatannya bisa 2x lipat dari kecepatan DVD. Namun, CD/DVD disc ini masih banyak digunakan karena harga yang cukup terjangkau.

    4. MP3 Player : Di handphone atau bahkan smartphone jaman sekarang sudah bisa mendengarkan lagu langsung dari handphonenya. Tapi sepertinya MP3 Player masih jadi primadona karena mengefisiensikan baterai handphone.

    5. Mesin Tik : Teknologi ini masih cukup efisien di jaman serba modern ini. Masih ada beberapa perusahaan yang mewajibkan menggunakan teknologi yang cukup tua ini untuk melatih karyawannya mengetik dengan teliti. U know lah mesin tik kagak bisa dihapus dengan mudah semudah menggunakan komputer.

    6. Teknologi Kabel : Ada sebuah pernyataan dari sang penemu teknologi wireless bahwa teknologinya akan cepat hilang, entah pada abad berapa teknologi wireless ini akan menghilang dan teknologi kabel akan kembali merajai teknologi konektivitas. Meskipun begitu, saya cukup nyaman menggunakan teknologi kabel dibanding wireless meskipun efisiensinya lebih diungguli wireless. Namun, perlu diketahui bahwa teknologi wireless ini cukup membuat antibodi kita terganggu dari beberapa penelitian meskipun beberapa digunakan sebagai alat penyembuhan juga.

    7. Desktop Phone : Desktop phone masih jadi primadona saat ini meski mobile phone sudah berkeliaran dimana-mana. Sama seperti teknologi kabel penjelasannya karena masih cukup efisien digunakan. Apalagi teknologi desktop phone ini meminimalisir kehilangan percakapan berjangka panjang (seperti lost signal).

    Sedikit tambahan (padahal banyak) dari ane XD

    Dan menurut ane, teknologi Fax masih kalah pamor dengan teknologi pos. Sama-sama berteknologi pengiriman dokumen dan Fax menggantikan fungsi Pos dari segi efisiensi waktu (meski email telah berkembang pesat). Kelemahan mesin Fax itu jika ingin mengirim pesan harus memberitahu dulu penerimanya by phone baru bisa dilakukan pengiriman Fax. Namun, seiring perkembangan jaman, mesin Fax sudah langsung bisa digunakan tanpa harus memberitahu penerimanya karena sudah ada semacam “save” di teknologinya *CMIIW*

  • SMS bang feb…

    Mau gimana pun lo pake LINE kah, BBM kek, Kakaotalk kek, apa kek segala macam tetek bengeknya, ujung2nya lo bakal sms juga :) #thinksmart

  • Kayaknya yang komentar di thread kali ini benar2 pintar deh!

  • hmm…. boleh juga nih infonya bang Febi, thanks

  • Zulmi Kurniawan

    Feature phone jg tuh yg sulit dimakan zaman. Dr tahun 2000an sampe sekarang masih ada aja orang nenteng feature phone.

    • Rabbil AR

      bner gan :D
      rata2 megang 2, smartphone dan featured phone