Project Astoria: Membuat Aplikasi Windows dari Android Apps

Pada acara BUILD 2015 lalu, Microsoft telah memperkenalkan project Astoria dan Islandwood yang mempermudah developer app Android dan iOS untuk porting app miliknya ke Windows.

Langkah dari Microsoft ini tentunya mampu menjembatani jurang aplikasi di Windows dengan pesaingnya yaitu Android dan iOS.

 

Bukan Strategi Jangka Panjang

Namun menurut salah satu orang Microsoft yaitu Kevin Gallo, strategi ini bukanlah strategi jangka panjang.

App hasil porting ini tentu tidak dapat menggunakan beberapa fitur-fitur keren dari Windows 10 seperti Continuum yang hanya bisa dibuat dengan membuat aplikasi native Windows 10.

Selain itu juga, proses porting tidak semulus yang diharapkan jika app yang di porting terlalu banyak bergantung dengan layanan Google. Jika apps yang ingin di porting terlalu banyak pada layanan spesifik Android, otomatis developer harus sedikit menyesuaikan kode mereka agar bisa di porting menjadi apps Windows 10.

 

iOS Lebih Beruntung

Meski memiliki keterbatasan juga namun developer iOS lebih beruntung dibandingkan developer Android dalam hal porting apps ini. Banyak layanan spesifik milik iOS bisa berjalan mulus di Windows 10.

Bagaimana menurutmu dengan keterbatasan porting ini ? Yuk bagikan komentarmu!

via TechRadar

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.