Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Microsoft telah merilis Windows 11 Insider Dev Build 25136, yang mana didalamnya ada fitur baru yaitu Tab di File Explorer, dan juga Redesigned Navigation Pane.

Nah jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai File Explorer yang akhirnya mendapatkan fitur Tab yang sudah cukup lama ditunggu dan bahkan menjadi salah satu Fitur Windows 11 Yang Paling Diinginkan Pembaca WinPoin, sekarang saatnya kita membahas Redesigned Navigation Pane baru di Windows 11 Insider Build 25163 yang mungkin akan menjadi Windows 11 23H2.

Bagi yang belum tahu, Navigation Pane ini adalah sidebar yang ada dibagian samping kiri File Explorer, sejak era Windows terdahulu, Navigation Pane merupakan salah satu bagian penting dari File Explorer karena dengan fitur ini, pengguna bisa dengan cepat melakukan navigasi ke folder lain secara langsung.

Nah di Windows 11 Insider Build 25136, Navigation Pane telah berubah, dimana ada sebagian hal yang dihapus, dan digantikan, dimana itu mencakup:

This PC Kini Fokus Ke Local Drive

Dimulai versi ini, This PC tidak akan lagi menampilkan folder seperti desktop, download, documents, dan lainnya dan kini akan fokus pada local drive yang pengguna miliki.

Jika kamu memiliki banyak storage drive di perangkat kamu, semuanya kini akan tampil rapi di This PC dan bisa kamu akses dengan mudah tanpa harus bercampur dengan folder umum lainnya.

Peningkatan OneDrive di FIle Explorer

Selain This PC yang kini akan lebih fokus pada local drive, OneDrive juga kini mendapatkan peningkatan dimana OneDrive kini lebih terintegrasi dengan File Explorer. Setelah kamu login ke akun OneDrive kamu, OneDrive di Navigation Pane akan menampilkan username OneDrive Cloud kamu loh.

Home Untuk Quick Access, Favorites dan Recent Files

Nah karena This PC kini fokus pada local drive maka Quick Access, Favorites dan Recent Files kini dipindahkan ke Home, dimana itu akan menjadi pengganti This PC tanpa ada sentuhan Drive apapun didalamnya.

Peningkatan Navigation Pane ini sangat menarik, karena dapat disimpulkan juga, Microsoft mulai merombak bagian penting File Explorer dengan gaya yang lebih modern simple, dan perlahan mulai meninggalkan gaya lama yang sudah ada sejak Era Windows Xp, dan Windows Vista.

Tentu karena Windows 11 adalah OS baru, peningkatan ini layak untuk didapatkan. Nah bagaimana menurutmu? apakah kamu suka dengan perubahan ini? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.