Kemarin Microsoft mengungkapkan spesifikasi lengkap dari perangkat Game Console terbaru mereka Xbox Series X, Microsoft juga menunjukan bagaimana desain internal dari perangkat ini, yang mana sangat kokoh dan powerfull.

Xbox Series X ini ditenagai dengan processor hasil kerjasama Microsoft dan AMD, seperti yang dikatakan Sebastien Nussbaum, CVP of Semi-Custom Products and Technologies​ di AMD, ” Xbox Series X is the biggest generational leap of SOC and API design that we’ve done with Microsoft, and it’s really an honor for AMD to be a trusted Microsoft partner for this endeavor“.

Berikut adalah spesifikasi dari Xbox Series X yang diumumkan Microsoft.

CPU8x Cores @ 3.8 GHz (3.66 GHz w/ SMT) Custom Zen 2 CPU
GPU12 TFLOPS, 52 CUs @ 1.825 GHz Custom RDNA 2 GPU
Die Size360.45 mm
Process7nm Enhanced
Memory16 GB GDDR6 w/ 320mb bus
Memory Bandwidth10GB @ 560 GB/s, 6GB @ 336 GB/s
Internal Storage1 TB Custom NVME SSD
I/O Throughput2.4 GB/s (Raw), 4.8 GB/s (Compressed, with custom hardware decompression block)
Expandable Storage1 TB Expansion Card (matches internal storage exactly)
External StorageUSB 3.2 External HDD Support
Optical Drive4K UHD Blu-Ray Drive
Performance Target4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS

Dalam Xbox Series X juga Microsoft menempatkan banyak fokus pada hardware-accelerated DirectX ray-tracing, mereka juga mengatakan developer game sudah membangun atau mengoptimalkan game untuk perangkat ini dengan peningkatan fast load speed yang makin mantap dan peningkatan graphic yang didukung dengan hardware-accelerated DirectX ray-tracing.

Selain itu sama seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Microsoft juga memamerkan teknologi quick resume baru yang ditenagai dengan custom NVMe SSD didalam Xbox Series X. Terkait fitur Quick Resume ini, Microsoft mengatakan bahwa fitur tersebut mampu mengijinkan pemain untuk beralih antara game dengan sangat instan dan masuk tepat dimana mereka keluar dari game sebelumnya.

Fitur ini juga mampu mengijinkan pemain untuk kembali pada game bahkan setelah perangkat mereka di matikan atau setelah system update dan reboot. “One of the testers on the team unplugged his console for a week, then took an update, and was still able to continue right where he left off without so much as a loading screen,” Kata Microsoft. Tentunya ini merupakan teknologi yang sangat mantap.

Banyak peningkatan yang didapatkan dalam console baru buatan Microsoft ini, seperti Frame Rates yang lebih stabil, waktu loading yang lebih cepat, peningkatan boot, resolusi yang lebih tinggi dan tentunya Image Quality for backwards compatible games pada Xbox Series X. Dan selain itu nih Microsoft juga tampaknya masih sedang mengerjakan sebuah teknik baru untuk meningkatkan game yang telah ada di Xbox Games agar berjalan sangat baik pada perangkat Xbox Series X.

Bagaimana menurutmu mengenai hal ini? keren juga kan perangkat Xbox Series X ini, bahkan beberapa reviewer diluar sana sudah mencobanya loh.

Silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai perangkat ini dikolom komentar dibawah guys.

Sumber Referensi : Xbox, link video terkait di artikel.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.