Sebuah kabar cukup kurang baik hadir untuk kamu para pengguna Processor Intel generasi ke empat atau Haswell, karena mulai pada driver versi 15.40.44.5107, Intel telah memutuskan untuk menghapus dukungan DX12 pada versi prosesor tersebut, alasannya adalah untuk memperbaiki masalah keamanan yang sangat penting.

“A potential security vulnerability in Intel® Graphics may allow escalation of privilege on 4th Generation Intel® Core™ processors. Intel has released a software update to mitigate this potential vulnerability. In order to mitigate the vulnerability, DirectX 12 capabilities were deprecated.” Kata Intel.

Perubahan dan penghapusan dukungan DX12 ini berpengaruh pada beberapa type dan jenis processor berikut:

  • Intel Core 4th Gen processors with Intel Iris Pro Graphics 5200;
  • Intel Core 4th Gen processors with Intel Iris Graphics 5100;
  • Intel Core 4th Gen processors with Intel HD Graphics 5000, 4600, 4400, and 4200;
  • Intel Pentium and Celeron processors based on the 4th Gen Intel Core architecture with Intel HD Graphics;

Mengenai hal ini, tentu akan cukup banyak pengguna yang merasa kesal karena bagaimanapun kini dukungan DX12 cukup dibutuhkan, namun bagaimana lagi jika kamu masih menginginkan dukungan DX12 di perangkat Intel Gen 4 kamu, kamu harus downgrade versi Driver iGPU kamu ke versi 15.40.42.5063 atau yang lebih lama.

Selain itu, perlu diingat bahwa perubahan ini hanya mempengaruhi iGPU yang ada di Processor, yang berarti jika kamu memiliki Dedicated Graphic dengan dukungan DirectX 12, kamu dapat menjalankan game dan aplikasi tanpa adanya masalah, selain itu perlu diingat juga bahwa DirectX 12 API hanya tersedia di Windows 10 dan Windows 11.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : Intel

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.