Beberapa tahun lalu, Isu mengenai pembatalan Project Andromeda sendiri ternyata bukan hanya isu semata, karena memang benar Microsoft akhirnya membatalkan project tersebut.

Baca Juga : Microsoft Diisukan Akan Membatalkan Proyek Andromeda

Nah meskipun pada akhirnya Microsoft merilis Surface Duo dengan Android sebagai system operasinya, ternyata nih, muncul sebuah gambaran yang menunjukkan Andromeda OS yang awalnya ditujukan sebagai OS untuk smartphone layar ganda.

Videonya sendiri dapat kamu lihat pada cuplikan dari Windows Central diatas, dimana disana tampil perangkat Lumia 950 yang menjalankan Andromeda OS.

Tampilannya sendiri sangat mirip dengan gaya Windows 10 Mobile sendiri, dimana membawa tampilan fluent design, dengan icon dan menu menu yang kurang lebih sangat mirip.

Namun tentu ada beberapa perbedaan unik di Andromeda OS, seperti dilansir dari Windows Central, Andromeda OS ini direncanakan akan menjadi OS yang unik dengan instant access ke Note, dimana pengguna bisa langsung mencatat Note tanpa harus membuka / unlock screen terlebih dahulu.

Nah yang kedua adalah setelah kamu melakukan unlock screen, kamu akan melihat main screen yang dapat kamu curat coret sebagai canvas. Di Andromeda OS, fitur ini dikenal sebagai “Journal” dan menjadi prototype dari Microsoft Whiteboard App.

Fitur ini berkerja seperti digital notepad, dengan kemampuan untuk mengambil catatan secara langsung dengan tulisan tangan, menambahkan sticky notes, memasukan gambar, 3D Object dan lainnya. Tentu “Journal” ini akan terus berjalan di Background.

Nah selain itu, Gesture di Andromeda OS sendiri sangat unik, dimana kamu bisa menggunakna banyak sekali gesture pada perangkat.

Sebagai contoh, kamu bisa swipe dari bawah, untuk melihat dan membuka COntrol center, dimana fitur ini adalah awal muda dari Quick Action di Windows 11 dan pertama kali dikembangkan untuk Andromeda OS.

Untuk UI sendiri, Andromeda OS masih membawa Fluent Design, namun dengan tampilan yang membawa tekstur acrylic yang lebih menonjol.

Selain itu, di Andromeda OS sendiri ada sebuah fitur experimental yang bernama “Radial UX Menu” yang mana ketika di klik akan menampilkan sebuah quick actions dari sejumlah menu tambahan/ aplikasi yang kamu atur. Mungkin kurang lebih dapat dikatakan seperti fitur AssistiveTouch di iPhone.

Jika Andromeda OS ini dilanjutkan, tentu ini akan membawa perubahan menarik untuk para pengguna Windows Phone dan Windows Mobile, sayangnya, Microsoft harus membatalkan project ini karena Microsoft lebih merasa menggunakan Android sebagai OS pada perangkat Smartphone mereka membuat masa depan perangkat Smartphone Microsoft sedikit lebih cerah.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : Windows Central

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.