Windows 10, saya sendiri suka dengan Windows 10, namun setelah lama menggunakannya saya rasa ada beberapa fitur yang memang tidak terlalu berguna, setidaknya menurut saya sendiri. Kali ini seperti biasa saya akan sedikit bercerita dan memberikan opini saya pribadi tentang dunia perwindowsan, dan yang akan saya bahas apa aja sih lima fitur yang useless menurut saya di Windows 10 ini? nah berikut diantaranya.

Cortana

Lima Fitur Windows Yang Useless Menurut Saya!

Cortana menjadi yang paling utama dalam daftar ini, kenapa menurut saya “Cortana” ini useless? ya meskipun memang di Region Indonesia Cortana tidak tersedia, namun kamu tetap bisa menggunakannya jika mengubah region pada perangkat windows kamu menjadi US, tapi coba deh saya tanya, seberapa sering kamu menggunakan cortana? misalkan saja untuk melakukan pencarian web, cek cuaca, atau memerintahkan cortana untuk shutdown, restart perangkat kamu? kalo saya hampir gak pernah.

Timeline

Lima Fitur Windows Yang Useless Menurut Saya!

Dulu saya pernah membahas ini dalam artikel 3 Hal Yang Saya Suka dan Tidak Suka dari Windows 10 October 2018 (1809), dan sampai sekarang saya masih merasa bahwa fitur Timeline ini agak useless menurut saya, dimana dia menampilkan history dari apa yang kita buka diperangkat yang terhubung dengan akun yang sama, tentu saja hal ini sedikit mengganggu terutama dalam hal privacy, jadi setiap kali saya melakukan setup di perangkat dengan Windows 10 untuk saya gunakan, Timeline pasti saya matikan. Bagi yang belum tahu cara mematikannya, masuk ke Settings > Privacy > Activity History, lalu set “off” pada slider akun yang terhubung dengan Windows kamu.

Windows 10 October 2018 Update (1809)

Kalo Taskview, saya sangat suka bahkan sangat usefull, dimana hampir setiap saat saya menggunakan 3 – 6 area kerja berbeda.

Lima Fitur Windows 10 Yang "Useless" Menurut Saya!

Internet Explorer

Kamu sadar enggak? meski di Windows 10 sudah ada Microsoft Edge, tapi Internet Explorer masih ada didalam system, dan selama zaman Windows xp sampai sekarangpun saya bahkan gak pernah pake Internet Explorer, kecuali untuk download Chrome atau Firefox. Bahkan Winpoin pun pernah memberikan rekomendasi 5 aplikasi yang sebaiknya tidak diinstal di Windows 10, dan dari 5 tersebut Internet Explorer adalah salah satunya.

Kamu bisa menghapus Internet Explorer ini dengan mengikuti tutorial berikut Cara Menghapus Internet Explorer di Windows 10, atau bisa menonton video berikut:

Your Phone App Dan Bloatware Lain.

Lima Fitur Windows Yang Useless Menurut Saya!

Entah berapa kali saya sudah menghapus aplikasi ini, tetapi setiap saya upgrade Windows 10, aplikasi ini selalu ikut terinstal, memang sih untuk sebagian orang aplikasi ini akan sedikit menambah pengalaman yang memang membantu dalam menjalankan ekosistem Windows yang baik, tapi bagi saya justru sebaliknya, Your Phone App malah terlihat sebagai Bloatware saja karena gak pernah saya gunakan, seharusnya Microsoft memberikan aplikasi Your Phone ini secara terpisah dari Windows 10 dan pengguna yang ingin menggunakannya bisa mendownloadnya secara manual via Microsoft Store. Sama halnya dengan beberapa aplikasi lain seperti Mixed Reality Portal, Xbox, dll.

Tapi thanks deh buat Iobit Uninstaller karena bisa dengan mudah menghapus aplikasi bawaan ini. Baca Juga : Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Windows 10, Termasuk Calculator dan Mail!

Live Tiles

Lima Fitur Windows Yang Useless Menurut Saya!

Terakhir yang menurut saya useless adalah Live Tiles di Start Menu, terakhir kalinya saya menumpuk live tiles itu sekitar pertengahan 2018, dimana setiap aplikasi selalu saya pin disana, setidaknya aplikasi yang penting saja, namun semakin hari saya sadar, buat apa di pin kalo gak pernah di klik, saya hanya memproritaskan aplikasi yang sering dibuka dengan cara “pin to taskbar”, bukan “pin to start”.

Lima Fitur Windows Yang Useless Menurut Saya!

Jika diperhatikan dalam setiap screenshoot yang saya berikan ya hampir semuanya gak ada live tiles yang nempel di start, karena dengan klik start dan ketik nama aplikasi yang akan dibuka justru lebih cepat dibandingkan membuka aplikasi dari live tiles menurut saya.

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Windows 10, Termasuk Calculator dan Mail!

Kesimpulan

Windows 10 memang hadir dengan segudang fitur baru, dan semakin terbarunya Windows 10 maka semakin banyak pula fitur fitur yang ditambahkan, namun meski banyak fitur baru yang bisa dibilang keren dan membantu kehidupan sehari hari, selalu saja ada software atau fitur yang useless atau tidak berguna, dan dari sekian banyak fitur useless diatas, tentunya sepenuhnya adalah pandangan pribadi dan opini saya saja, jadi mungkin kamu memiliki pandangan lain atau bahkan ada yang kurang dari lima diatas, dari segi penggunaan Windows 10 sendiri, saya lebih memprioritaskan menginstal apa yang saya gunakan, dan menempatkan user interface sesuai dengan yang saya inginkan agar produktifitas bisa lebih ditingkatkan.

Jadi gimana menurutmu? kamu setuju dengan artikel diatas? atau punya pandangan lain? silahkan berbagi dikolom komentar dibawah.

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.