Kita sedikit flashback ke 29 Juli 2015 yang merupakan tanggal dan hari dimana pertama kali Microsoft merilis Windows 10, di awal perilisannya versi yang dibawa Windows 10 tersebut adalah versi 1507 dengan build 10240, dan di build itu pula diperkenalkan banyak fitur baru seperti Wallpaper Baru, Login Screen baru, Snap Apps dan beberapa perubahan UI yang menjadi pelengkap dari kekurangan Windows 8 dan 8.1.

Salah satu yang menjadi perhatian tentu saja adalah Start Menu, dimana sejak Windows 8 dirilis pada tahun 2012 lalu, Start Menu (atau Start Screen) yang diberikan kurang disukai banyak orang, terutama bagi mereka pengguna lama Windows sejak generasi Windows 7, XP dan dibawahnya, dan dengan dirilisnya Windows 10 inilah Start Menu kembali diperbarui Microsoft dengan memadukan Start Menu dan Live Tiles, yang perlahan mulai disukai banyak orang.

Windows 10 Build 1507 Via Reddit

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, itulah gambar dari Start Menu Windows 10 dan halaman Settings ketika pertama kali dirilis pada build 10240 (versi 1507), dengan tampilan Settings yang flat, start menu yang masih klasik dengan beberapa penempatan ui yang mungkin pembaca WinPoin juga pernah rasakan.

Terkait dengan user interface ini, dalam lima tahun terakhir Microsoft memberikan banyak perubahan, seperti penambahan Fluent Design, perbaikan User Interface, dan berbagai fitur baru menarik yang hadir dalam Update Mayor Windows 10 setiap tahunnya. Dan salah satu yang paling menarik dalam perubahan besar ini adalah rencana redesign Start Menu Windows 10.

Perencanaan perubahan Start Menu ini awalnya sudah direncanakan dan ditunjukan dalam Windows Insider Webcast beberapa bulan lalu, dimana karyawan Microsoft memamerkan screenshot/mockups design baru akan bagaimana jadinya jika Start Menu tanpa ada live tiles didalamnya.

Baca Juga : Inilah Tampilan Start Menu Windows 10 Tanpa Live Tiles!

Namun dengan dirilisnya Windows 10 Insider Build 20161, perubahan UI yang diberikan tampaknya berbeda dengan apa yang diumumkan dalam Windows Insider Webcast tersebut, dimana Start Menu Redesign yang diberikan membawa tampilan Live Tiles dengan Warna Background transparan dan sewarna pada semua aplikasi dan komponen Start Menunya.

Windows 10 20H2 Via Reddit

Tentu saja banyak pengguna suka akan perubahan ini, bahkan beberapa pengguna Windows 10 Stable (versi 2004) rela beralih dan menggunakan versi Insider Beta Channel dan Dev Channel hanya untuk mendapatkan perubahan Start Menu tersebut, hal itu tentu karena start menu baru terlihat lebih elegan dan lebih clean dibandingkan apa yang lima tahun ini kita lihat dan gunakan.

Dalam gambar Quick Comparison diatas (via Reddit), kita bisa lihat dalam lima tahun terakhir ini perubahan besar telah diberikan Microsoft, dan tentu ini adalah hal baik dan mungkin diperlukan untuk memberikan rasa baru dalam pengalaman penggunaan Windows 10.

Bagi yang penasaran kapan start menu baru ini akan dirilis, seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, perubahan Desain ini kemungkinan besar akan dimulai di Windows 10 20H2 yang akan dirilis akhir tahun ini oleh karena itulah beberapa pengguna Insider Beta Channel yang sudah menginstall Build 19042.421 sudah mendapatkan start menu baru ini.

Tidak terasa memang, ternyata Windows 10 sudah berumur lima tahun pada 29 Juli 2020 kemarin. Dan semoga kedepannya Windows 10 akan lebih baik dari apa yang kita gunakan saat ini.

Nah apakah kamu suka dengan Redesign Start Menu baru ini? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Sumber Gambar : Reddit

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.