Home Editorial Live Tiles Windows Phone dari Masa ke Masa

Live Tiles Windows Phone dari Masa ke Masa

Lumia 630 Tidak Jadi Memperoleh Upgrade Windows 10 Mobile?Apa yang membuat Windows Phone unik? Hal ini merupakan sebuah pertanyaan yang mudah bagi para pengguna Windows Phone. Bagaimana tidak? Dari halaman awal saja sudah unik. Ikon kotak-kotak yang tidak biasa pasti langsung menarik perhatian orang. Tujuh tahun sudah berlalu sejak ‘Live Tiles’ ini diperkenalkan, perubahan apa saja yang telah dialami?

Generasi 1, Windows Phone 7

Windows Phone 7

Live Tiles pertama kali dikenalkan pada Windows Phone 7 pada tahun 2010. Live Tiles sendiri menjadi fitur utama dari Metro UI, dengan menampilkan update, notifikasi, dan gambar-gambar pada Tiles (ikon Metro UI). Tiles yang konstan berganti memberikan informasi secara dinamis dan smooth membuat antarmuka ini sangat menarik. Sayangnya pada masa awal Windows Phone 7, ukuran Live Tiles tidak bisa diganti hingga beberapa update kemudian.

Generasi 2, Windows Phone 8

WP 8 (2)

 

Live Tiles inilah yang membuat saya jatuh hati pada Windows Phone pada saat itu, karena kustomisasi yang lebih baik dibandingkan Windows Phone 7. Meskipun tidak jauh berbeda dengan Windows Phone 7, banyak orang baru tahu Live Tiles di Windows Phone 8, karena pada masa-masa ini smartphone mulai populer di masyarakat.

Generasi 3, Windows Phone 8.1

WP 8.1

Pada masa ini, ada beberapa kontroversi mengenai Live Tiles karena hadirnya notification center. Hal ini disebabkan fitur Live Tiles mulai kabur dari tujuan sebenarnya. Hadirnya notification center sendiri merupakan hasil dari permintaan banyak pengguna karena tidak bisa mengakses notifikasi aplikasi yang tidak disematkan pada halaman utama/Start Screen. Namun dibalik itu, hadirnya berbagai transparant tiles serta folder disambut baik banyak pengguna Windows Phone. Pada era inilah, banyak user berlomba-lomba adu kreatif. Banyak developer (termasuk Microsoft sendiri) menyediakan aplikasi untuk mendekorasi Tiles-nya.

Generasi 4, Windows 10 Mobile

WP 10

Pada masa ini tidak ada perubahan pada fungsi Live Tiles sendiri. Namun Windows 10 Mobile mendapatkan bahasa desain baru dan kustomisasi yang lebih fleksibel. Microsoft juga lebih mengutamakan mengembangkan notification center. Bahkan tidak sedikit user yang menggunakan halaman Start Screen hanya sebagai tempat menaruh ikon aplikasi dan melupakan fitur Live Tiles.

Akhir Kata..

Sudah 7 tahun sejak mengudara, fitur Live Tiles semakin hari semakin samar. Meamang tidak sedikit dari kita yang masih menggunakan fitur ini, namun tidak sedikit pula orang yang sudah melupakannya. Microsoft sendiri sepertinya masih belum ada rencana untuk mengganti antar muka yang menjadi ciri khas Windows Phone ini. Namun sudah sejak tahun 2014, belum ada perubahan yang signifikan pada fitur Live Tiles. Sayang sekali fitur ‘Explode Live Tiles’ yang dulu disiapkan untuk Lumia McLaren harus dibatalkan.

Nah apakah kamu masih memanfaatkan fitur dari Live Tiles ini? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.