Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, fitur vertical tab di Edge Chromium dapat diaktifkan menggunakan sebuah tombol untuk beralih dari Vertical / Horizontal Tab Layout. Letaknya sendiri ada disamping paling kiri dari layout tab tepat seperti pada gambar berikut.

Lokasi tombol tersebut cukup mudah untuk diakses dan tidak terlalu mengganggu tampilan Edge Chromium, namun tampaknya hal tersebut bisa saja berubah karena baru baru ini dilaporkan salah satu leaker @Alumia_Italia via Twitter, bahwa Microsoft bisa saja memindahkan lokasi tombol tersebut pada bagian toolbar, sejajar dengan tombol Next, Back dan Reload.

Tepat seperti pada gambar diatas, tombol switch akan berada sejajar dengan tombol Next, Back dan Reload, selain itu jika Vertical tab sedang aktif, layout vertical tab yang sebelumnya penuh dari atas kebawah kini memotong bagian toolbar dan letak menjadi berada dibawah bagian toolbar tersebut, mirip seperti layout collections di Edge Chromium.

Layout baru
Layout lama

Selain dari perubahan lokasi tombol tersebut, fitur yang diberikan masihlah sama, yaitu masih sama sama menjadi switch peralihan antara mode Vertical Tab atau Horizontal Tab.

Fitur Masih Belum Tersedia Untuk Seluruh Pengguna

Sekali lagi perlu diingat untuk sekarang fitur vertical tab ini masih belum tersedia secara umum dan masih dalam tahap pengujian (A/B Testing), atau dengan kata lain hanya pengguna terpilih saja yang sudah dapat mencoba fitur ini. Jadi bisa saja ada perubahan lain yang dapat diberikan Microsoft kedepannya.

Nah bagaimana menurutmu dengan perubahan lokasi tombol tersebut, apakah kamu lebih suka dengan layout lama atau lokasi baru? sejujurnya saya sendiri lebih suka dengan lokasi tombol lama, karena menurut saya ketika dalam mode vertical tab jumlah tab yang ditampilkan terasa lebih banyak dibandingkan dengan layout baru yang diperkenalkan ini.

Silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Alumia Italia / Twitter, WinAero

  Bikin Netizen Heboh, Sehebat Itukah POCO X3 NFC..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.