Salah satu software yang menurut saya wajib ada disetiap perangkat Windows atau Mac sekalipun adalah sebuah Uninstaller, memang sih, setiap sistem operasi selalu membawa uninstaller bawaannya, namun kadang selalu ada beberapa file dan komponen software yang masih tertinggal, meskipun kamu bisa menggunakan cara manual seperti (Cara “Advanced” Uninstall Software Sampai Tuntas), namun bisa dibilang cara tersebut sangat beresiko dan ribet bagi sebagian orang. Salah satu cara mempermudahnya adalah dengan menginstal software Uninstaller.

Saya sendiri, sudah memakai berbagai macam uninstaller, mulai Revo Uninstaller, sampai sekarang Iobit Uninstaller, namun baru baru ini, saya mulai beralih dari Iobit Uninstaller ke salah satu Uninstaller yang cukup menarik perhatian, bukan karena fiturnya yang Wah, namun karena tampilannya yang minimalis dan tentunya Lisensinya yang Lifetime, beda banget dengan lisensi Iobit Uninstaller yang menggunakan sistem berlangganan dan harus membeli minimal 1 tahun. Yap sesuai judul namanya DoYourData Uninstaller Pro.

Catatan : Ada Giveaway diakhir Artikel.

Tampilan?

Dari segi tampilan, DoYourData Uninstaller Pro ini mirip dengan Iobit Uninstaller jika dibandingkan secara berdampingan, namun pada bagian sidebar sedikit lebih simpel dengan menghilangkan beberapa komponen yang memang jarang banget digunakan.

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)

Pada Sidebar DoYourData Uninstaller ini hanya menampilkan menu Applications, Windows Apps, dan Hot Utilities (yang mana ini mirip dengan Actions Center jika di Iobit Uninstaller). Saya suka yang minimalis kayak gini.

Fitur

1#. Uninstaller Program

Jika dibandingkan dengan Iobit Uninstaller, DoYourData Uninstaller memiliki fitur serupa, namun pada bagian keakuratan dan informasi komponen yang diuninstal memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan, misalkan saja pada bagian Windows Apps, kedua software ini menunjukan daftar sofware yang berbeda.

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)

Karena penasaran dengan perbedaan ini, saya coba untuk menguninstal 7-Zip dengan menggunakan kedua software ini, dan hasilnya menunjukan perbedaan, dimana pada DoYourData Uninstaller memberikan keterangan ada 17 Files dan 12 Registri yang dihapus secara manual paska uninstall, sedangkan Iobit Uninstaller hanya menunjukan ada 3 saja.

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)
DoYourData Uninstaller Pro Menunjukan ada 17 Files, dan 12 Registri Yang tersisa.
Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)
Iobit Uninstaller Dengan Skenario Uninstall Softwae yang sama.

Saya coba berkali kali dengan menguninstal software yang berbeda, dan saya lakukan berulang ulang, keduanya selalu menunjukan perbedaan, namun ketika saya cek manual kedalam files directory aplikasi terinstal, dan registri yang tersisa, kedua software ini menunjukan keakuratan yang bisa dibilang hampir sempurna, kecuali menyisakan main folder dari aplikasi yang dihapus saja.

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)
Registri dan Files dari 7-Zip Setelah diuninstall (biasanya akan hilang setelah reboot system)

Nah jadi untuk fiturUninstall, saya rasa keduanya sebanding dan sama sama powerfull.

2#. Fitur Tambahan

Namun kawan kawan, meskipun fitur utamanya bisa dibilang seimbang, pada Iobit Uninstaller memiliki fitur Uninstall Plugin, Toolbar pada Browser, dan ada fitur Software Updater yang terintegrasi dengan produk Advanced Systemcare juga, sedangkan DoYourData Uninstaller tidak memilikinya,

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)

Dengan fitur tambahan ini, tentu saja Iobit Uninstaller yang menang.

Kompatibilitas

Untuk DoYourData Uninstaller Pro atau Iobit Uninstaller Pro sendiri sama sama kompitable dengan sistem operasi Windows, baik itu Windows 7, 8, 8.1, dan 10, namun untuk DoYourData Uninstaller Pro, bisa diinstal juga diperangkat Mac, dengan ini tentu saja masalah kompatibilitas DoYourData Uninstaller Pro menang.

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)

Jenis Lisensi

Sekarang mari kita bahas jenis lisensi, keduanya tersedia dalam versi Free dan Pro, meskipun dalam versi Free sekalipun keduanya bisa melakukan uninstal dengan akurat dan tanpa menyisakan file dan registri, namun hanya saja akan terdapat sebuah notifikasi untuk upgrade saja.

Namun perbedaan yang berarti adalah, untuk DoYourData Uninstaller Pro, menyediakan lisensi Pro Lifetime atau Tanpa Batas, beda dengan Iobit yang menggunakan sistem berlangganan, dengan membeli satu kali bisa dipake selamanya, apalagi untuk software utility kayak gini.

Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)
Ini Tanpa Batas
Mana Yang Terbaik? DoYourData Uninstaller vs Iobit Uninstaller (Giveaway!)
Ini Berbatas

Giveaway!!!

Nah bagi kamu yang pengen aplikasi Uninstaller gratis dan tentu saja original, website sharewareonsale memberikan lisensi DoYourData Uninstaller Pro secara cuma cuma, dan dari penjelasan saya diatas, ada beberapa kelebihan yang dimiliki DoYourData Uninstaller Pro, salah satunya adalah Lisensi yang Lifetime. Cara mendapatkannya sendiri sangat mudah, sama seperti review saya sebelumya, kamu cuma perlu masuk ke link berikut, lalu isi data diri, dan lisensi akan tampil dilayar halaman tersebut.

Catatan : Download DoYourData Uninstaller dari Official Site berikut, Link Giveaway dilink berikut.

Kesimpulan

Dari perbandingan diatas, keduanya memiliki kelebihannya masing masing, Iobit dengan fitur tambahannya, DoYourData Uninstaller Pro dengan Komatibilitas dan Lisensinya, namun yang jelas, aplikasi manapun yang kamu gunakan selama fungsi yang diinginkan bisa dimanfaatkan, semuanya tidak menjadi masalah. dan satu lagi, usahakan software yang digunakan tersebut original, Manfaatkan setiap momen giveaway dengan baik, karena lumayan kan bisa dapet gratisan.. ehehehehe

Berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah, menurutmu dari kedua software diatas, mana yang terbaik?

  Upgrade Perlengkapan YouTube di 2020..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.