Meme, Video Viral, dan Konten Boros Bandwidth Lainnya Bakal Menyebabkan Krisis Internet dalam Lima Tahun Kedepan

Siapa yang tidak ingin menikmati akses internet cepat? Tetapi nampaknya jika tidak dikondisikan dengan baik, dalam 5 tahun kedepan batasan infrastruktur internet bakal mencapai puncaknya.

Jika kapasitas bandwidth yang dikonsumsi pengguna sudah melampaui batasan yang mampu dihandle channel komunikasi, fiber optik, dan berbagai infrastruktur internet lainnya, maka internet akan macet dan terjadi krisis internet.

Untuk saat ini penyebaran meme, video, dan konten boros bandwidth lainnya membuat infrastruktur internet bekerja dengan sangat keras. Belum lagi efek sosial media yang menyebabkan konten tersebut tersebar secara viral ke seluruh dunia, membuat bandwidth data yang diperlukan semakin besar saja. Batasan infrastruktur pun kian hari kian bertambah dekat.

Solusinya ada 3, yaitu menambah infrastruktur, menemukan teknologi baru yang lebih efisien dalam penggunaan infrastruktur, atau mengatur agar kita lebih bijak dalam berinternet.

 

Ayo Bijak Menggunakan Internet

Kamu bisa ikut berkontribusi dalam mencegah, atau setidaknya memperlambat terjadinya krisis internet dengan lebih bijak dalam menggunakannya. Bijak dalam menggunakan internet bisa dilakukan dengan cara:

  • Download apa yang memang benar-benar kamu perlukan
  • Melihat apa yang benar-benar kamu butuhkan
  • Tidak asal nge-share dan menyebarkan konten, tetapi pastikan memang konten itu bermanfaat bagi orang lain
  • dsb

Dengan melakukan beberapa hal sederhana diatas, kamu bisa turut berkontribusi mengurangi beban infrastruktur internet dan memperlambat terjadinya krisis internet di masa depan.

via newscientist

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.