Sebuah kabar menarik baru baru ini dikabarkan Microsoft (via krebonsecurity), dimana kemarin Microsoft dikonfirmasi telah membeli sebuah domain name ‘corp.com’ dalam upata untuk melindungi keamanan pengguna.

Domain name ‘corp.com’ dianggap berbahaya oleh pakar keamanan, terutama karena masalah terkait dengan bagaimana fitur Microsoft’s Active Directory yang bekerja dalam versi Windows yang cukup tua.

Pemilik domain sendiri, Mike O’Connor yang membeli domain tersebut 26 tahun lalu, mulai melelang domain tersebut pada bulan februari lalu dan menunggu lelang tersebut mencapai $1.7 Juta, meskipun begitu, Microsoft tidak memberikan informasi mengenai berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk domain ‘corp.com’ tersebut, namun jika bulan februari saja dilelang seharga $1.7 Juta, mungkin Microsoft mendapatkannya dengan harga yang lebih besar dari itu.

Terkait masalah keamanan, yang bulan februari lalu kembali dilaporkan via KrebsOnSecurity, masalah tersebut sebenarnya cukup menarik jika dilihat dari sudut pandang jaringan, dimana KrebsOnSecurity menjelaskan Windows versi lama yang didukung Active Directory telah menetapkan ‘Corp’ sebagai jalur default dan banyak berusahaan tampaknya mulai menggunakan nama tersebut tanpa mengubah ke domain yang mereka miliki. Dengan kata lain siapapun yang memiliki akses ke corp.com mungkin bisa mencegat request dari organisasi atau perusahaan tersebut dan mencuri data sensitifnya tanpa mereka sadari.

Sebelum membeli domain, Microsoft memang sudah merilis Windows Update untuk mengatasi masalah tesebut, namun kini mereka benar benar membeli domainya agar benar benar dapat menjaga organisasi yang menggunakan ‘corp’ pada active directorynya.

“To help in keeping systems protected we encourage customers to practice safe security habits when planning for internal domain and network names. We released a security advisory in June of 2009 and a security update that helps keep customers safe. In our ongoing commitment to customer security, we also acquired the Corp.com domain,” ucap pembicara Microsoft

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dibawah guys.

Via : KrebsOnSecurity, Thurrot

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.