Home Editorial Microsoft Edge Changelog – Dukungan Ekstensi Serta Meningkatan Produktifitas

Microsoft Edge Changelog – Dukungan Ekstensi Serta Meningkatan Produktifitas

microsoftedgechangelog (1)

Dari awal kemunculan Microsoft Edge, browser ini masih membawa fitur-fitur standar yang bisa dikatakan belum bisa bersaing dengan browser-browser terkenal lainnya seperti Firefox, Chrome, Opera, Safari, dll. Mungkin hanya karena Microsoft memberikan browser ini eksklusif di Windows 10 saja yang dapat mendongkrak popularitasnya.

Tetapi di akhir minggu kemarin, Microsoft merilis Windows 10 Build 14291 dengan membawa salah satu perubahan besar pada Edge yakni dukungannya terhadap ekstensi.

Disamping dukungannya terhadap ekstensi, ada beberapa changelog/perubahan kecil yang diberikan oleh Microsoft untuk meningkatan produktifitas dari pengguna Edge itu sendiri.

Dukungan Terhadap Ekstensi

Seperti yang saya katakan tadi. Dukungan ini tentunya telah menutup salah satu kelemahan terbesar Microsoft Edge pada build-build sebelumnya yakni ekstensi. (Baca : Cara Menginstall dan Uninstall Ekstensi di Microsoft Edge Windows 10)

microsoftedgechangelog (3)

Setelah saya mencoba untuk menginstalnya. Tahapan proses untuk menginstalnya bisa dibilang masih merepotkan karena kita diharuskan me-load ekstensi tersebut secara manual serta jumlah ekstensi yang dapat didownload masih sangat sedikit. Memang wajar, karena masih berstatus Preview.

Pinned/Menyematkan Tabs

Jika kamu ingin menjaga tab tertentu tetap terbuka. Maka kamu dapat menggunakan fitur Pinned Tabs, dengan mengaktifkannya maka kamu dapat menjaga tab tersebut agar tetap terbuka sekaligus membuatnya lebih fleksibel jika ingin mengaksesnya kembali.

microsoftedgechangelog (4)

Cara untuk menyematkan Pin, cukup dengan klik kanan pada tab yang ingin kamu sematkan, kemudian pilih ‘Pin tab‘. Setelah melakukannya, maka ukuran tab tersebut akan mengecil dan hanya menyisakan favicon/logo dari site tab tersebut.

Paste and Go

Dibandingkan kamu menggunakan cara tradisional yakni dengan Paste kemudian menekan tombol search. Kamu dapat langsung mendapatkan dua langkah tersebut dengan ‘Paste and Go‘.

microsoftedgechangelog (2)

Cukup dengan meng-copy link tersebut,. Kemudian klik kanan pada address bar, lalu pilih ‘Paste and go‘.

And More…

Selain beberapa changelog diatas, Microsoft juga telah memberikan fitur-fitur yang meningkatkan produktifitas. Seperti Refresh semua tab secara bersamaan, Menyematkan panel settings, Menutup semua tab ke kanan, Memindahkan tab ke jendela baru, Menutup semua tab kecuali satu dan masih banyak lagi yang WinPoin akan buatkan tutorial nantinya.

Dengan dirilisnya Build 14291 ini (dan hingga artikel ini ditulis, Build Redstore terbaru adalah 14295), bisa menjadi prospektif bagi pengguna Edge yang sempat meninggalkan browser ini karena masih terbatasnya fitur.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.