Office Lens, sebuah aplikasi yang cukup bermanfaat untuk mengambil berbagai foto khusus seperti dokumen, kartu, tanda terima dan lainnya menjadi sebuah bentuk digital yang rapi dan jelas, pengguna bisa menyimpannya di local storage atau di cloud.

Secara teknis aplikasi ini dirancang untuk perangkat mobile (bisa itu perangkat Android, iOS, bahkan tablet Windows), namun seperti yang kita tahu kita juga bisa menggunakan aplikasi ini di Windows dan terintegrasi dengan baik dalam aplikasi OneNote untuk menyimpan dan menyingkronkan data yang diambil dari Office Lens, namun tentu pengguna juga dapat menyimpannya sebagai foto yang diambil sebagai PDF atau mengimport nya ke Word, PowerPoint dan OneDrive menggunakan Microsoft Cloud.

Namun terkait dengan aplikasi Office Lens ini, baru baru ini jika kamu mencoba mendownload dan membuka aplikasi Office Lens di Wndows 10, kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang cukup mengejutkan, dimana Microsoft mengatakan bahwa mereka akan menghentikan beberapa fitur dan layanan Office Lens PDF untuk Windows 10 pada 31 Desember 2020 mendatang.

Dalam halaman Supportnya, Microsoft menjelaskan penghentian fitur dan layanan tersebut mencakup kemampuan untuk menyimpan gambar ke OneDrive, OneNote, Word, PowerPoint, atau PDF. Selain itu Microsoft menyarankan pengguna untuk mendownload gambar yang telah disimpan pada tab Recent Upload sebelum tanggal yang telah ditentukan.

“Certain cloud-based services in Office Lens for Windows, such as saving your pictures to OneDrive, OneNote, Word, PowerPoint, or PDF, will become unavailable after December 31, 2020. After this date, your cloud-saved captures in your Recent Uploads tab may no longer be accessible from the Office Lens for Windows app. If you need these captures, we suggest downloading them to your local device and making a backup of these files before December 31, 2020. You’ll still be able to access your previous cloud-saved captures by signing into your OneDrive account in a browser and opening the My Files > Documents > Office Lens folder, but you won’t be able to save new captures at this location with the Office Lens for Windows app.”

Selain itu Microsoft juga mengatakan akan menghapus aplikasi Office Lens dari Microsoft Store pada 1 Januari 2021 dan menyarankan pengguna untuk menggunakan perangkat Android atau iOS jika ingin tetap menggunakan aplikasi tersebut.

“In addition, Office Lens for Windows 10 will no longer be available for download from the Microsoft Store,” kata Microsoft dalam halaman support docummentnya.

Cukup disayangkan memang, karena aplikasi ini mungkin akan tetap bermanfaat bagi mereka pengguna Windows 10 dengan perangkat tablet seperti Surface Pro Lineup, dan tablet 2 in 1 lainnya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah, kamu suka pake Office Lens di Windows 10? komen juga guys.

Via : Microsoft, Windows Latest

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.