Beberapa pengguna Windows 10 beberapa hari yang lalu mengungkapkan kemarahan mereka saat mendapati Microsoft menonaktifkan instalan Windows miliknya, berdampak pada munculnya pesan “Activate Windows” di sudut kanan bawah layar. Microsoft telah mengonfirmasi error ini dan berjanji untuk memperbaikinya.

Meskipun menurut kabar terbaru nampaknya masalah ini sudah diperbaiki, namun ada baiknya teman-teman tetap berjaga-jaga. Jika mengalami masalah ini, teman-teman dapat membuka Settings > Update & Security > Activation > Troubleshoot. Troubleshooter akan mengontak server aktivasi Windows milik Microsoft dan memulihkan status aktivasi PC kamu.

Bagaimana terjadinya masalah ini? Nampaknya masalah ini memengaruhi Windows 10 Profesional, utamanya bagi pengguna yang melakukan upgrade dari Windows 7 Professional atau Windows 8 Professional. Server aktivasi Microsoft tiba-tiba memutuskan bahwa lisensi digitalnya tidak bagus dan kemudian menonaktifkannya. Setelah menjalankan activation troubleshooter, Windows 10 memberikan pesan bahwa perangkat tersebut seharusnya menggunakan Windows 10 Home. Beberapa pengguna Reddit melaporkan hal ini.

Pengguna Windows yang terdampak kemudian akan melihat ‘watermark’ bertuliskan Activate Windows yang akan sangat mengganggu pekerjaan, game, atau apa pun yang dilakukan di PC-nya.

Biasanya ini terjadi jika memang pengguna belum mengaktifkan Windows 10. Sayangnya akibat error yang terjadi ini, PC yang sebenarnya sudah memiliki lisensi akhirnya juga terdampak.

Seorang Microsoft MVP dan moderator forum mengonfirmasikan kebenaran masalah ini. Berikut ini apa yang dikatakan Microsoft support:

Microsoft baru saja merilis pengumuman masalah terkait aktivasi dalam hubungannya dengan Windows 10 Pro. Ini terjadi di Jepang, Korea, Amerika, dan banyak negara lain. Ini adalah masalah temporer pada server aktivasi Microsoft dan beberapa pelanggan mungkin akan mengalami masalah semacam ini dan Windows mereka dinyatakan sebagai ‘belum diaktifkan’.

Engineer kami telah bekerja untuk mengatasi masalah ini, dan masalah ini diharapkan akan diperbaiki dalam satu hingga dua hari kerja.

Jadi, jika kamu mengalami masalah ini, tunggu sejenak. Microsoft akan memperbaikinya untuk kamu. Jangan menginstal Windows 10 Home sebagaimana disarankan oleh Windows. Tunggu saja beberapa hari (bahkan kemungkinan hari ini permasalahan tersebut sudah diatasi oleh Microsoft).

Masalah ini menambah panjang daftar masalah yang dialami Microsoft dengan Windows sepanjang Oktober lalu. Nampaknya memang ini bulan yang penuh cobaan bagi Microsoft.

 

 

Sumber: HowtoGeek

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.