Windows 10 1903 direncanakan akan mencapai end of support pada tanggal 8 Desember 2020 mendatang, meskipun masih ada waktu sekitar satu bulan dari sekarang, Microsoft kabarnya mulai meluncurkan update otomatis untuk pengguna versi Windows 10 tersebut ke versi Windows 10 1909.

Iya, bukan ke 2004 atau ke 20H2, namun ke Windows 10 1909 yang telah dirilis satu tahun yang lalu dan juga diproyeksikan akan mencapai end of support pada 11 Mei 2021 mendatang.

Terkait hal ini, tidak ada penjelasan dari Microsoft kenapa mereka tidak mengirimkan versi Windows 10 2004 atau 20H2 yang notabenenya adalah versi Windows 10 paling mutakhir saat ini, namun tentu diluar dari versi paling baru, sebenarnya mendapatkan versi 1909 juga bukanlah hal buruk karena dengan itu proses update bisa lebih cepat mengingat Windows 10 1903 dan 1909 berbagi sumber yang sama.

Jadi dengan itu jika kamu adalah pengguna Windows 10 1903, kamu mungkin akan mendapatkan notifikasi update atau proses downloading update yang langsung berjalan di halaman Windows Update secara otomatis, meskipun dapat dipastikan bahwa ukuran update tidak akan sampai bergiga giga, namun kamu harus pastikan bahwa kamu memiliki kuota yang cukup untuk mendapatkan update ini.

Jika kamu check for updates secara manual

Jika kamu melakukan check for update secara manual dihalaman Windows Update, kamu mungkin akan mendapatkan versi Windows 10 20H2 sesuai dengan penjelasan Microsoft yang mana mereka akan mulai mengirimkan versi Windows 10 terbaru tersebut pada mereka yang mencari update secara manual.

“Windows 10, version 20H2 is available for users with devices running Windows 10, versions 1903 and higher who manually seek to “Check for updates” via Windows Update. The recommended servicing status is Semi-Annual Channel.”

Jadi jika kamu tidak ingin mendapatkan versi Windows 10 tersebut, disarankan kamu tunggu saja update otomatis ke versi 1909 yang diluncurkan Microsoft.

Versi 1909 bukanlah versi Windows 10 yang buruk

Meskipun tidak memiliki sejumlah fitur paling baru ditahun ini, ada beberapa fitur yang memang baru pada zamannya, sebut saja create event di menu kalendar di Taskbar, Cortana di Lockscreen, Halaman Notifications & Action yang baru, Expand Start Menu otomatis dan beberapa perbaikan lainnya.

Baca Juga : Daftar Fitur Baru di Windows 10 1909

Selain itu berdasarkan laporan beberapa pengguna yang DM ke saya, Windows 10 1909 memiliki kestabilan yang lebih baik dibandingkan versi Windows 10 terbaru saat ini, hal ini tentu karena versi Windows 10 1909 sudah cukup lama hadir dan sudah hampir satu tahun kebelakang ini mendapatkan cumulative update, security update dan update update lain yang meningkatkan kualitas dan kinerja versi Windows 10 tersebut.

Nah jadi untuk kamu pengguna Windows 10 1903, kamu jangan khawatir untuk meninggalkan versi Windows 10 tersebut dan mendapatkan update otomatis ke versi 1909 karena sekali lagi, update tersebut tidak terlalu buruk untuk kamu gunakan.

Bagaimana menurutmu dengan update yang akan dirilis Microsoft secara otomatis ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Referensi : Neowin, Microsoft

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.