Setelah dua minggu kita tidak mendapatkan build baru untuk Insider Dev Channel, minggu ini akhirnya Microsoft kembali mengirimkan pembaruan lagi, bukan hanya perbaikan saja loh, tapi ada banyak sekali fitur dan perubahan baru yang dihadirkan.

Nah minggu ini atau lebih tepatnya hari ini, para pengguna Windows 11 Insider Dev Channel akan mendapatkan Build 22577, dimana dibuild ini berisi sejumlah fitur baru yang mencakup:

Kemampuan Menambahkan Folder di Pinned Apps Area di Start Menu

Nah tepat seperti pada gambar diatas, kini kamu bisa mengatur pinned apps di start menu dengan menggunakan folder yang kamu tambahkan. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat jika kamu ingin membuat tampilan start menu kamu lebih rapi lagi.

Adanya Do Not Disturb dan Focus Baru

Dimulai pada build ini, ada sebuah fitur baru yang disebut dengan Focus, fitur ini sendiri merupakan bagian dari fitur Do Not Disturb, dimana kamu bisa mengatur waktu untuk memulai sesi fokus kamu dengan Windows 11.

Dengan kata lain, ini adalah fitur Do Not Disturb yang mengandalkan Timer otomatis. Keren bukan?..

Selain itu, ketika fitur Focus diaktifkan, selain tidak akan adanya notifikasi yang tampil, Taskbar Badging juga akan dihilangkan untuk sementara, selama fitur Focus ini aktif. Nah menariknya lagi, fitur ini terintegrasi dengan Focus Session di aplikasi Clock, dimana kamu juga bisa memutar musik santai, dan melihat task list dari Microsoft To-Do.

Kamu bisa menemukan pengaturan Focus pada halaman Settings > System > Focus.

Peningkatan Quick Access di File Explorer

Nah di build ini, kini Pin to Quick Access mendapatkan dukungan bukan hanya dapat melakukan Pin untuk folder saja, melainkan file juga.

OneDrive Terintegrasi Dengan File Explorer

Sebelumnya OneDrive memang sudah hadir di File Explorer, namun di Build ini OneDrive akan tampil pada bagian atas, tepat dibawah window control dari File Explorer itu sendiri.

Penambahan Gesture Baru

Nah di Build ini, ada sejumlah gesture baru yang dapat kamu gunakan, terlebih jika kamu menggunakan perangkat touch screen, gesture baru ini tentunya akan sangat membantu sekali. Beberapa gesture tersebut diantaranya adalah:

  • Swipe to invoke and dismiss start.
  • Swipe between Pineed/All apps and Recommended/More on Start.
  • Swipe to invoke and dismiss Quick Settings.
  • Swipe to invoke and dismiss Notification Center
  • Full Screen gripper di Aplikasi Games

Peningkatan Snap Layouts

Nah fitur ini kayaknya akan menjadi favorit saya nih, karena kini kamu bisa melihat opsi Snap Layout ketika kamu menggeserkan Window ke area Snap Layout seperti pada gambar berikut.

Jika dibandingkan Snap Layouts dengan cara hover mouse ke tombol Maximize, saya rasa fitur ini lebih mudah dan lebih nyaman untuk digunakan.

Task Manager Baru

Setelah sekian lama kita tidak mendapatkan pembaruan Task manager, akhirnya sesuai dengan rumor rumor sebelumnya, Task Manager baru di Windows 11 mulai diperkenalkan.

Nah kurang lebih tampilannya akan seperti pada gambar diatas, kita akan bisa mengatur tampilan baik Light/Dark Mode, selain itu bagian tab kini dipindahkan menjadi dibagian samping, dimana itu mencakup Processes, Performance, App History, Startup, Users, Detail, dan Services.

Selain itu, Eco mode kini diubah namanya menjadi Efficiency mode.

Wah banyak banget bukan?, dan bukan hanya segitu loh, jangan salah, masih ada banyak lagi yang berubah dan ditambahkan, seperti perubahan transisi yang kini lebih smooth lagi.

Fitur Rotating untuk pengguna perangkat 2 in 1 kini lebih responsive.

Perubahan Emoji.

Mica Effect yang lebih menyeluruh bahkan hingga bagian Run Command.

Fitur Search yang lebih cepat dan akurat dibandingkan sebelumnya, File Explorer menampilkan preview item, dan lain sebagainya.

Selengkapnya kamu bisa mempelajari fitur apa saja yang dihadirkan di halaman Microsoft berikut. Namun secara umum, fitur utama dan paling penting sudah WinPoin bahas diatas.

Jika kita lihat, update ini adalah salah satu update besar untuk Windows 11, karena ada banyak sekali penambahan dan perubahan yang dihadirkan, sejujurnya saya sangat suka dengan update ini. Semoga saja fitur ini akan dihadirkan ke Insider Beta dan selanjutnya ke pengguna Stabil.

Baca Juga : Penting, Insider Program Dapat Logo dan Ketentuan Baru!

Nah bagaimana menurutmu? fitur manakah yang paling kamu suka? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.