Microsoft Rilis Windows 11 Insider Dev Build 23419

Setelah kemarin Microsoft merilis update terbaru untuk Windows 11 Insider Release Preview, hari ini Microsoft merilis update baru untuk para pengguna Windows Insider De Channel dengan update yang dihadirkan adalah Build 23419.

Dalam Windows 11 Insider Dev Build 23419 ini ada cukup banyak hal baru yang diperkenalkan, dimana tentu beberapa diantaranya sudah diperkenalkan di Insider Dev sejak Build 25276 (sebelum Canary Channel diperkenakan), salah satunya adalah kemampuan untuk membuat live kernel memory dump di Task Manager, selain itu ada juga USB 4 Settings Page yang sebelumnya telah diperkenalkan di Insider Canary.

Oke kita bahas lebih detail. Untuk Live Kernel Memory Dump, kemampuan ini akan memungkinkan pengguna untuk mengambil data diagnostic seandainya ada masalah dengan system tanpa harus menunggu terjadinya BSOD terlebih dahulu.

Sebelumnya, biasanya ketika system mengalami BSOD (Crash) / Blue Screen, OS akan secara otomatis membuat kernel memory dump yang akan berguna untuk para advanced user melihat dan menganalisa masalah apa yang terjadi dalam system mereka, dan dengan hadirnya kemampuan baru di Task Manager itu, pengguna tidak perlu menunggu BSOD untuk membuat kernel memory dump.

Seperti pada gambar diatas, opsi baru ini akan hadir di Task Manager > Details > kemudian pada salah satu proses, kamu bisa klik kanan dan akan ada opsi (Create live kernel memory dump file) disana, dan tentunya pengguna juga bisa mengatur opsi untuk Live Kernel Memory Dump di halaman Settings Task Manager.

Nah yang kedua, dihalaman Settings kini tersedia halaman khusus USB 4 dimana dengan halaman baru ini, pengguna bisa mengetahui informasi lebih detail mengenai perangkat USB 4 yang terhubung.

Mengenai kemampuan dan opsi baru ini, perlu diketahui bahwa opsi baru ini hanya akan hadir bagi system yang sudah memiliki dukungan untuk USB 4, jadi jika perangkat kamu tidak memiliki dukungan USB 4, maka halaman ini tidak akan muncul. Untuk melihat apakah system kamu sudah mendukung USB4, kamu bisa membuka Device Manager dan pastikan bahwa disana sudah ada USB4 host router seperti pada gambar berikut.

Lanjut, peningkatan lain yang juga hadir di Windows 11 Insider Dev Build 23419 ini mencakup peningkatan Cloud Suggestion in Simplified Chinese IME yang tentunya mungkin akan bermanfaat jika kamu menggunakan input bahasa China.

Peningkatan Lainnya

Selain tiga hal diatas, ada beberapa peningkatan lain yang dihadirkan untuk para pengguna Insider terpilih, salah satunya adalah perubahan recommended section menjadi for you di Start Menu.

For you di Start Menu

Kemudian, perubahan kebijakan Pinned Apps yang sebelumnya diumumkan Microsoft kini juga sudah mulai dihadirkan di versi Insider Dev terbaru ini.

Selain itu ada perubahan lain juga telah diperkenalkan sebelumnya, seperti hadirnya perubahan icon network jika pengguna menggunakan akses VPN, hadirnya Redesign halaman Voice Access, dan juga hadirnya opsi untuk menampilkan detik di system tray. Beberapa perubahan tersebut kini sudah mulai dihadirkan secara bertahap untuk para pengguna Insider Dev tanpa harus mengaktifkan ID tertentu seperti sebelumnya.

Perbaikan

Selain yang disorot diatas, ada juga sejumlah perbaikan yang Microsoft hadirkan, dimana diantaranya perbaikan tersebut mencakup:

  • Improved the experience on logon after booting up by reducing the performance impact of startup apps.
  • Fixed an issue that was causing Narrator to read the position before the name on system tray icons.
  • Fixed an issue causing the show hidden icons flyout to open behind things like OneNote flyout and live captions.
  • Fixed an issue which could cause explorer.exe crashes related to drag and drop.
  • Fixed a search crash from the last flight.
  • Fixed an issue which could cause explorer.exe to crash when opening Home if certain content was visible in the Recent section.
  • Made some improvements to the performance of loading File Explorer in the case where there’s a disconnected network drive visible in the navigation pane.
  • Fixed an issue where dragging content across an open Start menu folder could cause a crash.
  • Fixed an issue where after using voice typing your PC might not enter modern standby.
  • We fixed the issue causing live captions to not work for Chinese Traditional on Arm64 devices.
  • Fixed an issue where some of the details in the Performance page wouldn’t display properly until you resized the window or changed pages back and forth.

Nah ada cukup banyak banget kan perubahan yang hadir di Build terbaru ini?, jika kamu adalah pengguna Windows Insider Dev Channel kamu bisa langsung saja memperbarui system kamu ke Build 23419 melalui halaman Settings > Windows Update > Check for updates, kemudian silahkan kamu download Windows 11 Insider Dev Build 23419 yang tersedia disana.

Via : Microsoft

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation