Sebagai bagian dari pengembangan Windows 10, kali ini dikabarkan bahwa Microsoft akan mulai menguji perubahan bagaimana proses update driver bekerja di Windows 10.

Seperti yang tahu untuk sekarang ketika ada sebuah hardware baru yang dipasangkan pada perangkat pc/laptop pengguna dan Windows mendeteksi adanya sebuah update driver via Optional Updates, secara otomatis Windows akan melakukan instalasi driver perangkat tersebut di background sehingga pengguna pada dasarnya tidak perlu melakukan apapun untuk melakukan update driver.

Namun, mulai 5 November mendatang, Microsoft berkata mereka tidak akan lagi melakukan instalasi additional/manual drivers secara otomatis pada perangkat pengguna seandainya ada update yang tersedia di Windows Update > Optional Updates.

Tetapi meskipun begitu, Microsoft juga mencatat bahwa Automatic Update masih akan tersedia secara otomatis, jika seandainya Manufacture perangkat tersebut telah mempublikasikan driver mereka dan ditandai sebagai “automatic” di Windows Update.

“Automatic┬ádriver updates will automatically be installed on your machine either when you plug-in a peripheral device for the first time, or when a device manufacturer publishes a driver to Windows Update. In other words, there will be no change to the plug-and-play scenario when an automatic driver is available on Windows Update.” Catat Microsoft.

Meskipun dari segi skenario PnP atau Plug and Play masih akan tetap sama, namun jika perangkat pengguna yang dihubungkan tidak bekerja, mulai nanti pengguna harus secara manual memeriksa halaman Windows Update > Optional Update dan melakukan instalasi driver yang tersedia.

Pada dasarnya perubahan ini bukanlah sebuah masalah yang besar, namun tentu dalam beberapa kondisi ini akan menyebabkan masalah, terutama periferal yang tidak memiliki driver otomatis yang langsung tersedia, selain itu tidak semua orang juga tahu bahwa mereka harus melakukan update dan download driver melalui halaman Windows Update > Optional Updates.

Nah menurutmu bagaimana langkah Microsoft akan hal ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft, Neowin, Windows Latest

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.