Home News Muncul Petisi Protes Terhadap “Paksaan” Upgrade ke Windows 10

Muncul Petisi Protes Terhadap “Paksaan” Upgrade ke Windows 10

Muncul Petisi Protes Terhadap "Paksaan" Upgrade ke Windows 10

Bagi sebagian pengguna Windows, diberikannya kesempatan upgrade ke Windows 10 secara gratis merupakan berkah tersendiri. Hal ini karena untuk pertama kalinya mereka tidak perlu membayar biaya lisensi mahal untuk upgrade ke versi Windows terbaru ini. (Baca juga: Cara Upgrade Gratis ke Windows 10 Final dengan Media Creation Tool)

Namun bagi sebagian pengguna lainnya ternyata ajakan upgrade ke Windows 10 ini dianggap terlalu memaksa, sampai akhirnya muncul petisi protes terhadap praktik tersebut.

Melalui Change.org, Todd Kleinpaste membuat petisi yang meminta EFF (Electronic Frontier Foundation) untuk melakukan investigasi terhadap praktik Microsoft yang dianggap terlalu “memaksa” pengguna untuk melakukan upgrade ke Windows 10.

Hal ini dipicu oleh munculnya popup upgrade, didownloadnya file upgrade, serta permintaan untuk segera upgrade ke Windows 10 tanpa persetujuan dari pengguna.

Di petisi tersebut Todd Kleinpaste juga menyebutkan beberapa insiden untuk menguatkan bahwa praktik Microsoft itu dianggap kurang etis untuk dilakukan. Salah satunya seperti yang terjadi di video ini:

Sebelumnya juga pernah ada video serupa yang menunjukkan munculnya popup upgrade ke Windows 10 saat acara live ramalan cuaca:

Hingga saat ini petisi tersebut sudah ditandatangani oleh hampir 1600 pendukung, dan sepertinya akan terus bertambah.

Lalu apakah kamu menganggap bahwa ajakan upgrade ke Windows 10 ini memang tergolong mengganggu dan memaksa..??

Bagikan pendapat kamu disini

 

Ada Solusinya..

Anyway..sebenarnya buat kamu yang tidak ingin upgrade ke Windows 10, WinPoin sudah pernah menuliskan tutorial untuk menghindarinya. Kamu bisa membacanya disini:

Namun WinPoin lebih menganjurkan kamu untuk melakukan upgrade agar bisa terus berada di versi Windows paling baru saat ini.

Terlebih setelah melakukan upgrade maka device kamu bakal tercatat memiliki license “Digital Entitlement”, dimana kalaupun kamu tidak suka dengan Windows 10 dan melakukan rollback ke Windows 7 / 8.1 lagi pasca upgrade, kedepannya kamu bisa upgrade lagi ke Windows 10 tanpa harus memasukkan key atau membayar biaya lisensi.

Tentu untuk bisa menikmatinya kamu harus melakukan upgrade sebelum masa upgrade gratis ke Windows 10 berakhir pada 29 Juli 2016 ini.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.