Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

Windows 10 Mobile RTM build 10586.11 sudah dirilis tadi pagi, dan dekatnya dengan jadwal perilisan final membuat build OS ini semakin stabil mendekati versi finalnya. (Baca juga: HOT: Inikah Jadwal Perilisan Windows 10 Mobile untuk Seri Lumia?)

Namun demikian karena masih diperuntukkan bagi Insider Fast Ring, jangan berharap tidak ada bugs mayor didalamnya. Memang secara stabilitas dan performa Windows 10 Mobile ini sudah sangat stabil, tetapi bagi member insider yang saat ini berada di posisi Build 10581 dan pernah melakukan Factory Reset, pastikan kamu tidak langsung melakukan upgrade.

 

Bisa Menyebabkan Reboot Loop

Jika kamu berada di build 10581 dan pernah melakukan factory reset di build tersebut, maka upgrade langsung ke build 10586.11 ini sangat beresiko. Device kamu bisa mengalami reboot loop dan terus menerus restart di logo Windows.

Untuk menghindarinya pastikan kamu melakukan roll back terlebih dahulu dengan Windows Device Recovery Tool ke Windows Phone 8.1, baru deh upgrade ke build 10586.11 terbaru ini.

Hal ini sebenarnya tidak berkaitan dengan bugs di 10586.11, melainkan bugs di build 10581 sebelumnya yang menyebabkan ada sedikit corrupt di file sistem setelah melakukan factory reset.

Namun jika reboot loop tersebut sudah terlanjur terjadi, maka solusinya adalah melakukan hardreset dengan kombinasi tombol:

  • Tekan Volume down dan Power bersamaan dan tahan sekitar 10 – 15 detik sampai terasa ada getaran.
  • Setelah merasakan getaran, lepas tombol tersebut dan secara cepat tekan dan tahan Volume down sampe muncul tanda seru.
  • Setelah muncul tanda seru, tekan tombol ini secara bergantian: Volume Up, Volume Down, Power, Volume Down.
  • Device kamu bakal reset dan kembali sembuh dari reboot loop

Namun bagi kamu pengguna Windows 10 Mobile Build 10581 yang belum pernah melakukan factory reset tidak perlu khawatir, karena kamu bisa upgrade dengan mulus tanpa masalah.

 

Insider Hub Tidak Bisa Diakses

Bagi kamu yang melakukan upgrade langsung dari Windows 10 Mobile, maka bisa jadi Insider Hub masih ada di app list. Padahal sebenarnya Insider Hub tidak disertakan di build ini, jadi ketika kamu buka tidak akan terbuka apa-apa.

 

Tidak Bisa Deploy Silverlight Apps Melalui Visual Studio

Di build ini kamu masih belum bisa deploy silverlight apps melalui Visual Studio, permasalahan ini bakal teratasi setelah dirilisnya Visual Studio Update 1 pada 30 November nanti.

 

Semakin Kencang dan Stabil

Namun demikian di build ini kamu bisa mendapatkan performa dan stabilitas OS yang baik. Permasalahan Start Screen yang corrupt atau berantakan pasca upgrade sudah tidak lagi ditemui, save location di Settings > System > Storage sudah bisa digunakan, memindahkan apps ke SD Card juga tidak lagi menyebabkan apps menjadi crash.

Satu hal lagi yang cukup menarik dari sisi performa adalah semakin minim dan jarangnya muncul Resuming / Loading saat berpindah dari apps satu ke apps lainnya. Download apps dan game dari Store juga sudah jauh lebih stabil. Bagi yang Lumia nya punya tombol fisik kamera, sekarang juga sudah berfungsi.

Mengingat build ini merupakan build RTM, maka bisa dibilang Windows 10 Final nanti secara experience tidak akan jauh berbeda dengan build 10586.11 ini — selain semua bugs diatas sudah diperbaiki tentunya.

Bagi kamu yang sudah melakukan update, bagaimana experience kamu setelah menggunakan Windows 10 Mobile RTM build ini?

Bagikan experience kamu disini

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.