Beberapa waktu lalu Microsoft sudah merilis Windows 10 Enterprise LTSC 2021 terbaru yang memang berbasiskan dari WIndows 10 21H2, untuk saat ini bahkan kamu sudah bisa mencoba mendownload versi Evaluationsnya, artikelnya sendiri dapat kamu baca pada halaman berikut : Cara Download Windows 10 Enterprise LTSC 2021 Evaluations

Nah bersaman dengan hal tersebut, saya juga yang sehari hari masih menggunakan Windows 10 Enteprise LTSC 2019, cukup penasaran dengan versi terbaru ini, terlebih dengan apa saja fitur yang dihadirkan didalamnya, nah karena penasaran mari kita coba install saja Windows 10 Enterprise LTSC 2021 Eval.

Instalasi

Untuk instalasinya, disini saya menggunakan Virtual Machine (VMWare) dengan konfigurasi 4 GB RAM, 50 GB SSD, Dual Core Processor, sedangkan untuk proses instalasinya sendiri sama seperti instalasi Windows 10 pada umumnya, pada proses OOBE, kamu bisa langsung menghubungkan Windows 10 tersebut dengan akun Microsoft kamu, atau menggunakan Local Account.

Impresi Pertama

Setelah instalasi selesai, kita langsung disuguhkan dengan tampilan Desktop ala Windows 10 21H2 dengan wallpaper WindowsLight yang sudah diperkenalkan di Windows 10 2004, dan yang menariknya ada perubahan visual seperti Icon yang kini sudah membawa desain icon baru yang pertama kali diperkenalkan di Windows 10 20H2.

Wallpaper Windows Light
Icon folder baru

Aplikasi

Sama seperti versi Windows 10 Enterprise LTSC pada umumnya, diversi ini kita tidak diberikan aplikasi UWP termasuk Microsoft Store dan aplikasi Bloatware bawaan Windows 10 lainnya, beberapa aplikasi default yang dihadirkan adalah aplikasi Win32, misalkan saja aplikasi Calculator.

Namun, berbeda dengan versi Windows 10 Enterprise LTSC 2019, di versi ini kita sudah disuguhkan Microsoft Edge Chromium secara default, dan tentu untuk kamu yang tidak suka browser ini, ini rasanya ini cukup menjadi bloatware yang tidak digunakan.

Namun, tenang karena berbeda dengan di Windows 10 biasa, di versi ini kamu bisa menghapus Microsoft Edge Chromium dengan sangat mudah sekali loh, kamu bisa langsung saja masuk ke Settings > Apps.

Secara umum, jika kamu ingin menggunakan Windows 10 dengan pengalaman ala Windows 7 tanpa ada aplikasi UWP dan tanpa belasan bloatware yang terinstall secara default, versi Windows 10 Enterprise LTSC adalah yang terbaik untuk kamu gunakan.

Fitur

Tentu karena berbasiskan dari Windows 10 21H2 dengan build yang saya install ini berada di versi 19044.1288, fitur yang dihadirkan tentu membawa mayoritas fitur yang telah diperkenalkan di versi Windows 10 sebelumnya (termasuk versi Windows 10 2004, 20H2, 21H1 dan 21H2), misalkan saja seperti Rename Virtual Desktop, Peningkatan Tablet Mode, Peningkatan Windows Search, dan beberapa fitur lainnya.

Jika kamu adalah pengguna Windows 10 Enterprise LTSC 2019 atau LTSB 2016, memperbarui ke versi 2021 ini tentu kamu akan merasakan banyak sekali perubahan dan fitur baru didalamnya.

Kekurangan

Satu hal yang saya rasa menjadi kekurangan versi ini dibandingkan versi sebelumnya adalah dukungan yang lebih pendek, berdasarkan informasi resmi dari Microsoft, mulai pada versi ini, Windows 10 LTSC akan membawa dukungan hingga 5 tahun saja, berbeda dengan versi sebelumnya yang diberikan hingga 10 tahun masa dukungan.

Baca Juga : Siklus Windows 11 dan Windows 10 21H2 LTSC

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman singkat saya mencoba Windows 10 Enterprise LTSC 2021 ini selama beberapa hari, saya cukup suka dengan versi ini, dimana fitur yang dihadirkan membawa sejumlah fitur baru yang cukup banyak, selain itu kelebihan versi LTSC adalah tidak membawa banyak bloatware dan aplikasi tidak penting lainnya.

Namun, dengan dukungan yang hanya lima tahun rasanya itu terlalu sedikit jika dibandingkan dengan versi 2019, jadi saya sendiri memutuskan untuk tidak memperbarui perangkat utama saya yang biasa saya gunakan untuk bekerja.

Untuk lisensi?, hmm mari kita bahas hal ini pada artikel selanjutnya ya.. 😁

Jika kamu tertarik membaca artikel seperti ini, kamu bisa meluncur ke artikel berikut: Suka Duka Menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC

Nah sekian review singkat dan pengalaman saya ini, untuk hal lannya mungkin akan saya tambahkan dalam artikel artikel lainnya, jika kamu tertarik mencoba juga, kamu bisa mendownload versi Evaluations dari Windows 10 Enterprise LTSC 2021 ini pada halaman berikut : Cara Download Windows 10 Enterprise LTSC 2021 Evaluations

Terima kasih.. komen dibawah guys.

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.