via Qualcomm

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, hubungan antara Qualcomm dan Microsoft sedang mesra banget belakangan ini. Hal tersebut tak lepas dari kerjasama antara keduanya dimana Microsoft lebih memilih menggunakan chipset dari Qualcomm untuk device yang menggunakan versi Windows terbaru yakni Windows 10 on ARM.

Nah, pada event Snapdragon Summit di Hawaii, Qualcomm akhirnya merilis suksesor dari Snapdragon 850 yang dinamai sebagai Snapdrgaon 8cx. Prosesor tersebut benar-benar berbeda dengan pendahulunya yang mana hanya sekedar modifikasi dari seri Snapdragon 845, di seri Snapdragon 8cx ini Qualcomm benar-benar mendesain prosesor tersebut khusus Windows 10.

Penasaran apa aja kelebihannya? Pada artikel berikut, WinPoin akan coba bahas satu persatu kehebatan deri prosesor terbaru milik Qualcomm tersebut! Berikut ini detailnya:

Buat kamu yang belum tahu, Snapdragon 8cx merupakan prosesor yang paling powerfull dari Qualcomm, hal tersebut bisa terlihat dari penamannya dimana maksud dari “cx” disini adalah compute extreme. Hal tersebut tak mengherankan karena prosesor yang berbasis 7nm tersebut dikabarkan punya performa 2x lebih powerfull jika dibandingkan dengan seri Snapdragon 850 dan hanya berada tipis (dibawah) Intel Core i5 generasi ke-8, sebagaimana yang diklaim oleh Qualcomm beberapa waktu lalu.

via Windows Central

Tak hanya itu saja, Qualcomm juga membekali Snapdragon 8cx dengan GPU Adreno 680 yang kabarnya bisa menangani dual 4K HDR displays dan juga bakal dilengkapi dengan hardware acceleration untuk 4K HDR video playback pada 120fps. Selanjutnya, chipset tersebut bakal menggunakan CPU Kryo 495 yang mana diklaim oleh Qualcomm memiliki performa yang dua kali lebih cepat dibanding kompetitor, tetapi dengan konsumsi baterai yang jauh lebih hemat hingga berhari-hari dan tak ketinggalan, prosesor tersebut juga sudah terintegrasi dengan modem X24 Cat.20 LTE yang mana punya download speed hingga 2Gbps dan upload hingga 316Mbps.

Sebenarnya, masih ada cukup banyak kelebihan dari Snapdragon 8cx, seperti dukungan generasi ketiga PCI-E, dukungan generasi kedua USB 3.1, dan juga dukungan smart assistant Cortana dan Alexa, serta generasi ke-4 AI Qualcomm. Tidak hanya sampai disitu, prosesor tersebut juga dilegkapi dukungan Bluetooth 5.0, Quick Charge 4+ dan punya semacam cooler yang bisa kamu temukan pada prosesor smartphone masa kini, yang tentu saja tujuannya adalah agar prosesor tidak memproduksi panas yang berlebih (seperti seri Qualcomm Snapdragon 810).

via Windows Central

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, prosesor Qualcomm Snapdragon 8cx kemungkinan besar bakal mulai dipasarkan pada paruh kedua tahun 2019 nanti dan kabarnya, saat ini sudah ada beberapa OEM PC yang kepincut dengan prosesor terbaru milik Qualcomm tersebut.

via Qualcomm