Seperti yang telah ditulis WinPoin dalam artikel sebelumnya, Microsoft memang telah merencanakan akan meninggalkan Windows 8.1 pada tanggal 10 Januari 2023, dimana dengan itu mereka tidak akan lagi memberikan dukungan apapun, termasuk pembaruan security dan hal lainnya.

Baca Juga : Siap Berpisah, Dukungan Windows 8.1 Resmi Berakhir Besok!

Sementara itu, Windows 7 bersamaan dengan Extended Security Update-nya yang telah dihadirkan Microsoft tiga tahun semejak mereka meninggalkan Windows 7 pada tahun 2020 lalu kini resmi telah berakhir juga, dimana tentu dengan itu pengguna yang sebelumnya membeli ESU, kini direkomendasikan untuk segera melakukan upgrade ke Windows 10 atau Windows 11.

Baca Juga : Extended Support Untuk Windows 7 Segera Berakhir, Microsoft Desak Pengguna Untuk Upgrade

Nasib Kedua OS Tersebut?

Jika ada pertanyaan seperti itu, maka tentu nasib keduanya memang perlahan akan mati seperti Windows XP, dimana dukungan aplikasi perlahan akan ditinggalkan, seperti Antivirus, Browser dan lainnya.

Hal ini karena memang saat ini banyak aplikasi memiliki minimum OS Windows 10, bahkan untuk sejumlah aplikasi membutuhkan minimum Windows 10 Build tertentu (misalkan Build 1909 atau yang lebih baru).

Meskipun begitu, keduanya masih bisa pengguna gunakan hanya saja cukup beresiko seandainya ada vulnerability yang bisa mengancam data dan keamanan pengguna, mengingat sudah tidak akan ada lagi security update yang akan dihadirkan oleh Microsoft untuk kedua OS tersebut.

Nah mulai hari ini, untuk kamu yang menggunakan Windows 7 dan Windows 8.1, direkomendasikan untuk memperbarui OS kamu ke versi yang lebih baru untuk mendapatkan update security agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jadi, selamat tinggal Windows 7 dan Windows 8.1, secara pribadi, menurut saya kedua OS ini adalah OS Windows paling cepat untuk digunakan, bahkan hingga kini ditahun 2022. Bagaimana menurutmu?

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.