Home Editorial Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Tidak terasa seminggu berlalu begitu cepat, jika minggu kemarin WinPoin sudah memberikan review mengenai beberapa emulator Android seperti Remix OS Player dan juga MEmu.

Maka sesuai janji WinPoin minggu lalu, pada kesempatan kali ini WinPoin akan mereview emulator Android lainnya yakni Nox. Menurut beberapa pembaca setia WinPoin yang kalau dibacakan namanya akan begitu banyak dan bisa-bisa review ini tak selesai tepat waktu, maka kita sebut saja sumber atau pemberi rekomendasi tersebut sebagai pembaca setia WinPoin. :)

Menurut mereka, (emulator Android) Nox ini memiliki performa yang begitu baik. Namun, benarkah demikian? Maka dari itu, buat kamu yang penasaran berikut review emulator Android Nox versi WinPoin.

 

#Spesifikasi

Untuk spesifikasi, emulator Android Nox tak memiliki perbedaan mencolok dengan MEmu. Tidak ada batasan spesifikasi seperti pada Remix OS Player. Berikut spesifikasi minimum untuk dapat menjalankan Nox:

  • OS (Windows XP SP3 / Windows 7 / Windows 8 / 8.1 / Windows 10).
  • Prosessor Intel / AMD Dual Core ( Disarankan Intel ) dan sudah support Virtualisasi.
  • RAM 2 GB ( Direkomendasikan lebih dari 2 GB ).
  • Directx : 9.0c

WinPoin menjalankan emulator Android Nox pada laptop yang sama seperti saat menggunakan emulator MEmu minggu lalu yakni Lenovo G40-45 yang memiliki spesifikasi seperti berikut ini:

Review (Emulator Android) MEmu: Performanya Melebihi Galaxy Note 5?

  • OS (Windows 10 64-bit)
  • Prosesor AMD A8-6410
  • RAM 8GB
  • Storage 512 GB

Sama seperti MEmu, Nox dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan sama sekali pada laptop saya, karena spesifikasi minimum untuk menjalankan Nox tidaklah terlalu spesifik (khusus) seperti Remix OS Player.

Selain itu Nox memiliki kelebihan yang tak dimiliki emulator Android yang sudah pernah WinPoin review. Jika biasanya kebanyakan emulator Android hanya mendukung PC Windows, maka Nox sedikit berbeda karena Nox juga mendukung MAC.

 

#Tampilan

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Tampilan dari Nox mirip sekali dengan MEmu, hanya saja menurut WinPoin tampilan dari Nox tidak serapih MEmu (cek bagain toolbar sebelah kanan kedua emulator Nox & MEmu) dan tentunya jika kita bandingkan dengan Remix OS Player maka tampilannya akan jauh sekali dan tampilan Nox terlihat tidak begitu menarik, apalagi Nox masih menggunakan Android versi 4.4.2 (KitKat).

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Walaupun demikian kamu pastinya tetap bisa mengoperasikan Nox, karena tampilannya masih begitu familiar dan tak sulit untuk kamu pahami. Berikut adalah beberapa tampilan dari Nox:

#Performa

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Untuk masalah performa, WinPoin cukup kagum dengan emulator Android ini, performanya begitu baik bahkan mungkin hampir menyamai Remix OS Player! Walaupun emulator Android ini bisa kamu jalankan pada berbagai macam hardware, tapi selama WinPoin coba pada beberapa PC (berbeda hardwqare) tetap tak mengalami kendala berarti.

Loading cukup cepat, responsif, ditambah lagi kamu bisa mengkustomisasi spesifikasi emulator ini layaknya MEmu (low, mid, high). Hanya saja di MEmu ada sedikit kendala (bug) ketika kamu mengkustomisasi pengaturan ini, sehingga bisa mengakibatkan PC kamu GSOD. (Baca: Blue Screen akan Diubah Menjadi Green Screen untuk Windows Insiders!)

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

WinPoin jarang sekali menemukan FC (Force Close) ataupun not responding selama menggunakan emulator ini dan yang paling WinPoin suka dari emulator Android Nox ini adalah internal yang kamu dapatkan cukup lega yakni mencapai 32GB!

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Jadi, untuk masalah performa tampaknya Nox tak perlu diragukan lagi, salah satu emulator Android dengan performa terbaik yang pernah WinPoin coba.

 

#Fitur

Review (Emulator Android) Nox: Performanya Hampir Setara Remix OS!

Fitur pada emulator Android Nox tidaklah terlalu berbeda dengan emulator Android yang lainnya seperti Remix OS Player dan juga MEmu, emulator Android ini sudah memilki Play Store bahkan hingga menejmen RAM dan file explorer pun sudah tersedia.

Tapi, karena Nox memiliki penyimpanan yang begitu lega (mencapai 32GB), kamu tak perlu merasa khawatir kekurangan space (penyimpanan).

 

#Kelemahan Nox

Sama seperti emulator Android yang lain, Nox juga memiliki kelemahan yang hampir serupa. Misalnya seperti:

  • Jika kamu menggunakan pada laptop maka baterai laptop kamu akan cepat habis
  • Kuota internet yang kamu gunakan menjadi dua kali lipat lebih banyak
  • Tampilan tidak sebaik MEmu, bahkan sangat berbeda jauh sekali jika dengan Remix OS Player

Namun, terlepas dari semua kelemahan yang ada pada Nox, WinPoin merasa Nox merupakan salah satu emulator Android yang cukup komplit. Jika PC kamu masuk dalam kategori mid-end maka akan sangat cocok sekali jika kamu menggunakan Nox sebagai emulator Android milikmu.

Yap, kekurangan Nox sepertinya hanya pada bagian tampilan saja dan sisanya begitu baik. Jika PC milikmu termasuk dalam kategori High, WinPoin sarankan kamu ambil Remix OS Player. Namun, jika PC kamu masuk dalam kategori low ataupun mid maka Nox dan MEmu bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu.

Nah, begitulah gaes review dari (emulator Android) Nox versi WinPoin. Jika kamu punya pertanyaan seputar Nox yang ingin ditanyakan silakan bertanya di kolom komentar dan buat kamu yang ingin mengunduh Nox silakan gunakan link berikut

Download Nox App Player

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘