via Asus

Meskipun prosesor Snapdragon 845 yang lebih baru dan lebih cepat telah diluncurkan, namun ternyata Microsoft dan Qualcomm masih tetap lebih dulu merilis PC Windows 10 dengan Snapdragon 835.

Kini muncul pertanyaan, apa alasan Microsoft dan Qualcomm tidak langsung memakai Snapdragon 845 di Windows 10 ARM, dan kapan dirilis?

Executive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon, mengatakan pihaknya memerlukan beberapa waktu yang lebih panjang dibanding sebuah smartphone.

Hal ini lantaran sebuah PC memerlukan penanganan yang khusus agar prosesor Snapdragon 845 ini dapat berjalan baik, seperti dari segi hardware, driver, dan software. (Baca: Ada Fitur Snapdragon 835 yang Hilang di Windows 10 ARM)

Dikatakannya, Microsoft dan Qualcomm akan merilis PC Windows 10 ARM dengan prosesor Snapdragon 845 pada semester dua tahun 2018 mendatang.

Prosesor Snapdragon 845 yang ada di PC Windows 10 ini nantinya akan menawarkan sejumlah fitur seperti performa yang lebih kencang, hingga dukungan Extended Reality. (Baca:  5 Kelebihan Snapdragon 845 yang Membuat Laptop ARM Lebih Powerful Lagi )

Saat ini baru dua laptop yang menggunakan prosesor yang biasa ditemui di smartphone kelas flagship ini, yakni Asus NovaGo, dan HP Envy x2. Keduanya baru dijual pada musim semi 2018 mendatang.

Pabrikan lain seperti HP dan Lenovo dikatakan akan merilis PC yang dikenal sebagai “always connected PC” ini pada CES 2018 pada bulan Januari.

Begitupula dengan Samsung dan Lenovo yang juga akan turut merilis laptop dengan prosesor yang biasa ditemui di smartphone flagsip ini. (Baca: Xiaomi & Samsung Siap Rilis Laptop Windows 10 Snapdragon)

Jika di PC akan memulai debutnya pada paruh kedua 2018, maka berbeda dengan di smartphone. Samsung Galaxy S9 dirumorkan akan menjadi smartphone perdana dengan prosesor Snapdragon 845, dan dikabarkan diluncurkan pada Februari 2018. (Baca: Februari 2018, Galaxy S9 Bakal Meluncur?)

So, harap bersabar ya guys..

via Softpedia, Fudzilla

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.