Tidak Hanya Ponsel, Laptop 5G juga Hadir Mulai Tahun 2019

Dibandingkan dengan negara lain di dunia, saat ini peringkat kecepatan 4G di Indonesia memang masih berada di urutan ketiga dari bawah. Tetapi perkembangan teknologi terus melaju dan tak ingin menunggu. Era 5G sudah siap hadir di tahun depan.

Qualcomm sudah menyatakan bekerja sama dengan Nokia, Xiaomi, Oppo, Vivo, dsb untuk merilis ponsel 5G di tahun 2019 — dan Intel tidak ingin ketinggalan. Mereka juga menyatakan telah bekerja sama dengan Microsoft, Dell, HP, dan Lenovo untuk merilis laptop 5G menggunakan modem Intel XMM 8060 5G Multimode.

Intel bahkan sudah bersiap memamerkan konsep 2-in-1 laptop 5G pertamanya di MWC minggu depan. Laptop ini bakal menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi 8 dan sudah dilengkapi dengan modem 5G. Pengunjung bakal bisa mencoba langsung bagaimana kecepatan 5G saat dipakai berinternet dan streaming video.

https://www.youtube.com/watch?v=iMvdBb1r9gA

Berbagai provider luar negeri juga sudah siap melakukan uji coba 5G di tahun ini untuk menyambut hadirnya era 5G. Namun demikian belum ada satupun provider Indonesia yang terlihat turut gabung menguji jaringan 5G. Jika ternyata 2019 memang dibanjiri ponsel dan laptop 5G, tentunya provider akan terpaksa untuk segera mengimplementasikan jaringan 5G di Indonesia agar tetap bisa bersaing dan menjadi pilihan penggemar gadget di Indonesia.

Pertanyaannya, sudahkah Indonesia siap beralih ke 5G?

via intel

  Resiko Beli Nokia 8 di 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.