Meskipun Windows 11 versi final belum dirilis secara resmi, namun sudah cukup banyak orang yang mencoba dan rela beralih ke insider hanya untuk menggunakan Windows 11 Preview ini. Tentu saja karena masih preview, masih ada beberapa masalah dan bug yang akan terjadi, seperti contohnya dua masalah yang saya rasakan ini.

Nah mengenai upgrade ke Windows 11, jika seandainya Windows 11 tidak bekerja dengan baik pada perangkat kamu, maka tenang, karena Microsoft sudah mengkonfirmasi bahwa kamu masih bisa menggunakan fitur Rollback to previous version windows selama jangka waktu 10 hari setelah proses upgrade.

“Once you have upgraded to Windows 11, you have 10 days to utilize the rollback function to move back to Windows 10 while keeping files and data that you brought along with you. After that 10-day period, you will need to back up your data and do a “clean install” to move back to Windows 10,” Lenovo’s support document, yang mana berbasiskan masukan dari Microsoft.

Menu rollback ini dapat kamu temukan di Settings > System > Recovery, namun sekali lagi perlu diperhatikan bahwa fitur ini tidak akan bekerja untuk kamu yang melakukan upgrade dengan proses clean install, atau jika Windows 11 yang kamu gunakan sudah lebih dari 10 hari, namun jika belum seperti yang dikatakan diatas, kamu masih bisa kembali ke Windows 10 sesuai dengan versi sebelum kamu melakukan upgrade ke Windows 11.

Lisensi

Pada dasarnya ketika kamu upgrade ke Windows 11, kamu sudah mendapatkan lisensi gratis Windows 11 berdasarkan lisensi versi Windows 10 yang kamu gunakan untuk upgrade, namun bagaimana jika kamu rollback dan melakukan downgrade?

Kabar baiknya, lisensi masih akan dapat bekerja bahkan setelah kamu melakukan upgrade lalu downgrade, karena bagaimanapun tampaknya Windows 10 dan Windows 11 dapat saling berbagi lisensi satu sama lain, namun jika seandainya rollback menyebabkan lisensi Windows 10 kamu tidak teraktivasi, kamu bisa memasukan kembali lisensi yang kamu miliki secara manual dengan masuk ke slui.exe seperti biasa.

Nah bagaimana, apakah kamu nyaaman dengan Windows 11 Preview atau sudah beralih kembali ke Windows 10? komen dibawah guys.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.