Home Editorial Tips: Pengen Migrasi dari Windows Phone, Tapi Kemana?

Tips: Pengen Migrasi dari Windows Phone, Tapi Kemana?

Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb)
Microsoft Edge, kini ada di semua platform

Ada masa-masa manis ketika Windows Phone mendapatkan cinta dan perhatian penuh dari Nokia & Microsoft. Tetapi ada masa ketika Windows 10 Mobile tidak lagi jadi prioritas Microsoft. Melalui Joe Belfiore Microsoft dengan jujur mengaku bahwa Windows 10 Mobile kini bukan lagi fokus mereka. Tidak ada lagi upaya untuk menambah fitur baru, selain komitmen untuk tetap mendukung OS ini sampai masa supportnya habis.

Satya Nadella kembali mempertegas status fokus Microsoft, dengan menyatakan bahwa Microsoft akan tetap kompetitif meskipun tanpa platform mobile. Dengan kata lain, untuk saat ini, Windows 10 Mobile akan berada pada fase stagnan.

Pernyataan Microsoft tersebut mungkin membuat kamu harap-harap cemas akan kelanjutan nasib dari perangkat yang kamu miliki. Akan ada dua opsi, yaitu tetap bertahan di Windows Phone / Windows 10 Mobile — atau migrasi ke platform lain.

Bagi yang Ingin Bertahan di Windows Phone / W10M

WinPoin yakin diantara teman-teman pasti ada yang masih tetap ingin bertahan di Windows Phone / Windows 10 Mobile. Bisa jadi karena alasan cinta, terbiasa, atau memang segala keperluan kamu sudah bisa terpenuhi oleh platform mobile ini. Jangan salah, meskipun tidak lagi ditambah fitur baru, Windows 10 Mobile tetap disupport penuh oleh Microsoft. Hal ini mereka buktikan dengan menjadi yang pertama dalam merilis patch serangan Wi-FI “KRACK”, yang bahkan di Android dan iOS belum dirilis patch nya sampai saat ini. (Baca: Windows 10 Mobile Ternyata Aman dari KRACK)

Jika tetap setia dan bertahan dengan Windows 10 Mobile adalah pilihan kamu, WinPoin punya sederet tips yang perlu kamu lakukan. (Baca: Refleksi Status Windows Mobile – Daftar Hal yang Perlu Dilakukan Penggemar Windows Mobile)

Bagi yang Ingin Migrasi dan Beralih Platform

Sedangkan bagi kamu yang ingin bermigrasi platform, tak perlu khawatir kehilangan akses terhadap berbagai layanan Microsoft yang biasa kamu nikmati Windows 10 Mobile. Microsoft saat ini mendukung penuh iOS dan Android dan hampir semua layanan / aplikasi utama mereka sudah ada disana.

Katakanlah Cortana, Microsoft Office, OneDrive, Outlook, bahkan yang paling baru adalah browser Microsoft Edge. (Review: Microsoft Edge di Android / iOS (Fitur, Performa, dsb))

Di Windows 10 Fall Creators Update yang akan dirilis resmi hari ini (17 Oktober 2017, waktu setempat) bahkan ada fitur Phone Linking yang memungkinkan kamu menghubungkan smartphone Android / iOS ke Windows 10 PC. (Review: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update)

Lalu diantara dua platform tersebut (Android vs iOS), mana yang sebaiknya dipilih? Untuk membantu kamu menentukan pilihan yang paling cocok dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu, silakan baca dua artikel yang sudah disiapkan oleh MacPoin dan DroidPoin ini:

Kini pilihan ada di tangan kamu. Mau tetap di Windows 10 Mobile, atau bermigrasi ke iOS / Android?

Sudah menentukan pilihan? Bagikan di kolom komentar.

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.