Home Editorial 3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Setelah Berakhirnya Upgrade Gratis Windows...

3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Setelah Berakhirnya Upgrade Gratis Windows 10

Upgrade Gratis ke Windows 10 Telah Berakhir Hari ini

Setelah 1 tahun lamanya Microsoft memberikan penawan upgrade gratis tersebut, kini upgrade tersebut telah berakhir. Namun, WinPoin tahu bahwa tidak sedikit dari kamu yang gagal mendapatkan penawaran tersebut karena beberapa alasan, ataupun karena memang tidak ingin menggunakan Windows 10.

Melalui artikel ini, WinPoin akan sedikit mencoba merangkum apa yang terjadi bagi kamu yang sudah upgrade dan bagi kamu yang tidak mendapatkan kesempatan tersebut.

Berhasil Upgrade ke Windows 10?, Selamat!

Upgrade Gratis ke Windows 10 Telah Berakhir Hari ini_2

Selamat!, yup, itu kata yang bisa WinPoin berikan kepada kamu, karena dengan kamu sudah berhasil upgrade ke Windows 10. Kamu mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya.

Mendapatkan Lisensi Windows 10 secara gratis. Tentunya hal ini yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk mau upgrade ke Windows 10, karena main idea Microsoft dalam memberikan 1 tahun penawaran ini adalah ingin membuat orang menggunakan sistem operasi terbaru mereka yaitu Windows 10.

Ditambah lagi, karena Microsoft memberikan metode baru dalam aktivasi yaitu Digital Entitlement yang memungkinkan kamu untuk re-active Windows 10 pada Mobo dan Microsoft Account yang sama hanya dengan cara terhubung ke Internet. Jadi dengan keuntungan ini, misalnya kamu ingin downgrade ke Windows 7, kamu bisa melakukannya dan upgrade lagi ke Windows 10 tanpa perlu mengkhawatirkan lisensi.

Dukungan penuh dari Microsoft. Ya, karena seperti yang kamu ketahui bahwa Windows 10 merupakan OS terbaru dan yang terakhir dikeluarkan oleh Microsoft. Dengan kata lain tidak ada versi Windows lain setelah Windows 10. Full support seperti Cumulative update, patch tuesday, dan hotfix sepenuhnya akan didedikasikan untuk pengguna Windows 10.

Namun bukan berarti Windows 10 akan selamanya didukung, karena ada masa tenggat Microsoft dalam memberikan support ke Windows 10 hingga 2025.

Bagi yang Tidak Melakukan Upgrade

Sebenarnya, WinPoin menyayangkan bagi kamu yang melewatkan kesempatan ini karena 2 poin yang WinPoin sebutkan diatas bisa menjadi pertimbangan kamu untuk upgrade (meskipun sekarang sudah terlambat). Meskipun, yahh…. keputusan tetap ada ditangan kamu.

Upgrade Gratis ke Windows 10 Telah Berakhir Hari ini_1Upgrade Gratis ke Windows 10 Telah Berakhir Hari ini_1
Image by Tero Alhonen on Twitter.

Dan dari yang WinPoin lihat selama ini, kebanyakan orang tidak ingin melakukan upgrade ke Windows 10 karena memiliki banyak alasan, seperti:

  • Windows 10 sangat memakan kuota. Ini mungkin bisa menjadi hal utama kenapa banyak orang tidak ingin upgrade, meskipun sebenarnya kita bisa melakukan beberapa trik untuk meminimalisirnya.
  • Terdapat telemetry di Windows 10. Hal ini memang benar adanya, hampir semua fitur pada Windows 10 bisa dimonitor oleh Microsoft. Meskipun Microsoft menyatakan bahwa hal ini bertujuan untuk membantu mereka dalam mengetahui experience user dan tidak menyentuh data sensitif pengguna. Meskipun kamu bisa menggunakan beberapa tool untuk mencegahnya.
  • Software belum support di Windows 10. Memang masih ada software-software jadul yang belum compatible di Windows 10, meskipun masih bisa dijalankan dengan menggunakan Compatibility Mode.

Terlepas dari hal tersebut, untuk pengguna Windows 8.1, 8, 7 ataupun yang lebih jadul seperti Vista dan XP. Jika suatu saat kamu ingin upgrade ke Windows 10, maka kamu harus membeli lisensi ori Windows 10 seharga $119 untuk edisi Home dan $199 untuk edisi Professional.

Next Major Update Windows 10 : Anniversary Update

Bagi kamu yang sudah menggunakan Windows 10. Dalam beberapa hari kedepan, Microsoft akan merilis major update yang dinamakan “Anniversary Update“. Dimana update ini berisikan banyak improvement dan fitur baru seperti Windows Ink, Ekstensi Microsoft Edge, Start Menu, Settings, Bash Ubuntu, dll.

Jadi persiapkan kuota kamu pada tanggal 2 agustus nanti, sekitar 3-4GB dan 1.5GB jika memiliki perangkat Windows Phone.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.