Sebelumnya kita sudah membahas mengenai kebijakan baru WhatsApp yang mana secara langsung membunuh privasi pengguna dengan membagikan data mereka ke layanan Facebook lainnya.

Tentu, banyak yang tidak suka, banyak yang protes dan banyak yang ingin berpindah dari Whatsapp, hanya saja di Indonesia ini, perpindahan tersebut cukup sulit karena hampir setiap orang berkomunikasi melalui aplikasi yang dimiliki Facebook ini, sehingga mau tidak mau kita harus mengikuti.

Mengenai hal tersebut, beberapa hari lalu, setelah kabar mengenai WhatsApp yang membagikan data pengguna ke layanan Facebook lainnya diumumkan dan banyak beredar, Microsoft melalui akun Twitter Skype miliknya, berkomentar yang cukup pedas sekaligus mungkin sedikit menyinggung WhatsApp.

Skype respects your privacy. We are committed to keeping your personal data private and do not sell to 3rd parties: https://msft.it/6012piNju” Tulis Tweet akun Twitter Skype.

Mereka mengatakan bahwa Skype menghormati privasi pengguna, mereka katanya berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data pribadi pengguna dan tidak menjualnya para pihak ketiga, kata Microsoft.

Tetapi,

Bagaimanapun, setelah Microsoft mengakuisisi Skype pada tahun 2011 lalu, Skype secara langsung berbagi kebijakan privasi dengan semua produk Microsoft, termasuk skype yang kini dapat diakses menggunakan akun Microsoft pengguna.

Dengan kata lain, praktek data collections masih cukup remang untuk dilihat pada layanan ini, Selain itu mengenai masalah privasi, bahkan secara default pengguna bisa dengan mudah ditemukan melalui fitur pencarian.

Lalu, meskipun pada tahun 2018 lalu Skype menawarkan Enkripsi End to End jika Anda menggunakan fitur “Private Conversation”, namun secara default Skype tidak menggunakan enkripsi End to End, sehingga setiap pesan, panggilan, dan file diluar dari Private Conversations dapat dilihat oleh Microsoft.

Dan jika mungkin benar apa yang dikatakan Microsoft melalui akun Twitter resmi Skype mereka, bahwa mereka tidak menjual dan membagikan data pada pihak ketiga, bagaimanapun Skype bukanlah sebuah pilihan bagus jika pengguna menginginkan privasi yang lebih terjaga. Terlebih di Region Indonesia ini, siapa sih yang menggunakan Skype untuk komunikasi sehari hari mereka?.

Nah bagaimana menurutmu mengenai apa yang dikatakan Microsoft tersebut? kamu suka Skype? apakah kamu percaya Skype lebih baik untuk menjaga Privasi dibandingkan Whatsapp?.

Komen dibawah guys.

Referensi : Is Skype Safe and Secure? (Comparitech), Skype (akun Twitter-nya)

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.