Via Thurrot

Masih banyak keterbatasan dalam Windows 10 ARM, sehingga system operasi ini masih kurang cocok untuk direkomendasikan seandainya nanti sudah dirilis, namun terkait hal tersebut, berdasarkan commit terbaru pada halaman GitHub, Microsoft tampaknya tengah mempersiapkan untuk menambahkan dukungan 64-bit x86 emulations kedalam platform tersebut.

“Add linker support for x64 code emulation on ARM64,” tulis commit yang di merge oleh Kenny Kerr, principal software engineer di Windows team.

Sebelumnya juga pernah dikabarkan bahwa Windows 10 ARM ini mendapatkan dukungan untuk aplikasi 64-bit ke Windows pada lapisan abstraksi Windows yang memungkinkan aplikasi 32-bit x86 dijalankan pada perangkat ARM. Dan dengan penambahan kemampuan ini, secara dramatis memperluas kemampuan untuk memasukkan aplikasi 64-bit x86 sehingga Windows 10 ARM akan menjadi lebih layak untuk digunakan.

Microsoft dan Qualcomm memang telah membahas beberapa masalah kinerja dengan meningkatkan chipset yang akan digunakan untuk menenagai Windows 10 ARM, namun masalah perangkat lunak masih menjadi tantangan, karena compatibility issues yang bukan hanya mempengaruhi 64-bit x86 apps tapi juga semua x86 drivers, dan diharapkan dengan penambahan dukungan 64-bit x86 ini, akan mengatasi masalah tersebut.

Namun meskipun begitu, terkait kabar ini masih belum ada kabar resmi dari baik itu dari Microsoft atau Qualcomm, sehingga perubahan dan informasi lebih lanjut bisa saja berubah, tetapi ini merupakan salah satu berita besar dan langkah penting yang mungkin diterapkan Microsoft untuk pengembangan Windows 10 ARM lebih lanjut.

Referensi : Thurrot, Neowin

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.