Dukungan Dynamic Refresh Rate untuk Monitor utama memanglah sudah dihadirkan Microsoft, misalkan pada perangkat Surface Laptop Studio, namun dukungan tersebut dulu belum dihadirkan untuk perangkat monitor tambahan / monitor external yang terhubung dengan laptop.

Tetapi kawan kawan, hal tersebut tampaknya akan berubah, karena dalam Windows 11 Insider Dev Build 25206 terbaru yang dirilis Microsoft kemarin, Microsoft menghadirkan dukungan Dynamic Refresh Rate pada montor external.

Salah satu keuntungan fitur DRR ini adalah pengguna bisa melihat gambar yang lebih smooth tanpa harus mengurangi daya tahan battery, keduanya jadi seimbang, karena tanpa fitur ini aktif, monitor akan dipaksa berjalan dalam refresh rate terbaiknya, tentu ini akan mengurangi daya tahan battery.

Meskipun begitu, sayangnya dukungan DRR ini masih terbatas dengan Monitor External 120hz atau yang lebih tinggi, selain itu pengguna juga perlu menggunakan WDDM 3.1 Display Driver (kamu bisa cek versinya di dxdiag).

Jika versi monitor sudah mendukung, sama halnya dengan driver-nya, pengguna bisa mengaktifkan DRR melalui halaman Settings > System > Display > Advanced Display > pilih Dynamic.

Dukungan Dynamic Refresh Rate pada Monitor External ini memanglah sangat bermanfaat, terlebih jika kamu pengguna monitor External dengan Refresh Rate tinggi, karena dengan itu, daya tahan battery akan lebih maksimal tanpa mengurangi kualitas smooth dari tampilan layar kamu.

Oh iya, sayangnya dukungan ini untuk sekarang baru tersedia di Windows 11 Insider Dev Build 25206 saja, jadi jika kamu ingin mencoba fitur baru ini, kamu harus menggunakan Build Windows Insider Dev terlebih dahulu.

Bagaimana nih menurutmu mengenai fitur ini? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.