Baru baru ini, Windows 10 terlihat telah melangkah ke dunia Android, karena beberapa developer berhasil menginstal versi ARM Windows 10 pada perangkat yang awalnya diluncurkan dengan Android.

Berdasarkan sebuah laporan dari Windows Latest, menunjuk pada dua proyek yang membawa Windows 10 ARM pada OnePlus 6 dan Xiaomi Mi Mix 2S. Yap Windows 10 ARM bisa diinstal di OnePlus 6 yang mana menggunakan Snapdragon 845, dia bisa diinstalkan Driver dari Lenovo Always Connected Yoga C630, namun Windows 10 masih tidak bekerja dengan cukup baik di OnePlus karena hanya layar sentuh dan UPS yang berfungsi.

Selain itu terlihat juga bahwa Windows 10 bisa di Ported ke flagship Xiaomi Mi Mix 2S. Tepat seperti kata developer Lemon1Ice di Twitter “It seems Mi Mix 2s can join the party soon. Since It’s a Synaptics touch controller, getting it to work should be easy,”

Yang kedua adalah pada Samsung Galaxy S8, kita semua tahu bahwa Galaxy S8 gak akan mendapatkan Android 10, dan experiment untuk menjalankan Windows 10 pada Galaxy S8 adalah sesuatu yang menarik untuk kita perhatikan. Terkait mantan flagship samsung ini, seorang developer Evsio0n mengungkapkan bahwa Galaxy S8 bisa menjalankan Windows 10 dikemudian hari, karena sekarang perangkat masih gagal untuk boot ke desktop. “Using the fake Linux kernel to warp with DTB so that Linuxloader ( in ABL partition) can boot this efi,” Ucap Developer.

Selain melakukan Booting Windows 10 dalam Emergency Download Mode, developer mengalami BSOD karena masalah ACPI (Advanced Configuration and Power Interface).

Gagasan Windows 10 berjalan di Android memang benar benar menarik, karena sepertinya masih banyak orang yang ingin mencoba OS Desktop di perangkat Smartphone mereka. Dan jika porting os akhirnya berhasil dan dapat dilakukan dengan sempurna, tentunya kedepannya mungkin akan banyak flagship android berjalan pada Windows 10.

Tentunya experiment seperti ini patut untuk kita apresiasi, terutama bagi penggemar Windows Phone yang memang sudah benar benar mati saat ini. Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? apakah kamu tertarik dengan experiment yang dilakukan? atau jangan jangan kamu juga pernah berexperiment dengan perangkat kamu? share dibawah guys.

Via : Windows Latest

  Gimbal HP Murah Ini Stabil Banget! Review Feiyutech Vlog Pocket 2  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.