Fitur Tersembunyi di Microsoft Word untuk Produktivitas Kamu (Edisi Kedua)

Fitur Tersembunyi di Microsoft Word untuk Produktivitas Kamu (Edisi Kedua)

10

Fitur Tersembunyi Words

Setelah sebelumnya merilis artikel tentang fitur tersembunyi dalam MS Word yang menunjang produktivitas, Winpoin menerima permintaan dari beberapa teman untuk kembali mengulas tips dan trik lain guna menunjang produktivitas menggunakan MS-Word. Trik-trik ini sebagian besar merupakan ‘shortcut’ yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan sebuah pengoperasian lebih cepat pada Microsoft Word. Ini tentu saja akan dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas kamu jika kamu adalah seorang yang banyak memanfaatkan software ini untuk melakukan pengetikan.

PERHATIAN! Versi MS-Word yang digunakan oleh Winpoin saat mencoba trik-trik ini adalah 2013. Lalu akan lebih baik jika kamu mencoba trik ini sambil membuka MS Word 2013 tersebut untuk ‘mengamalkan’ secara langsung, karena menurut pengalaman, hanya membaca saja kadang akan menjadikan kamu bingung tentang apa yang dimaksudkan dalam paparan tutorial di bawah ini.

 

Mengubah ke Plain Text

Dalam banyak skenario, ada kemungkinan kamu perlu untuk memindahkan satu kalimat atau satu paragraph dari dokumen lain ke dokumen yang sedang kamu kerjakan misalnya kamu ingin mengutip kalimat dari dokumen skripsi orang lain menyalin dari bahan pustaka tertentu yang filenya juga berupa dokumen, maka kamu akan mengalami situasi di mana font frasa atau paragraf yang kamu pindahkan tersebut masih mengikuti font sebelumnya yang berbeda dari font yang kamu gunakan.

Baca juga:  Kenapa Windows Phone Sangat Cocok untuk Pekerjaan Produktif?

Jika font yang kamu gunakan adalah plain text atau teks standar dari MS Word seperti misalnya Times New Roman 12 atau Calibri 11, maka kamu cukup memblok teks baru tadi lalu menekan kombinasi tombol CTRL+SPACE BAR. Secara otomatis teks yang tadi kamu blok akan berubah mengikuti font standar atau plain text yang kamu gunakan.

 

Memindahkan Teks Tanpa Cut-Paste

Cara paling mudah memindahkan sebuah teks adalah dengan memblok sebuah teks, kemudian melakukan fungsi cut (CTRL+X) kemudian dilanjutkan dengan paste (CTRL+V). Ini akan memindahkan teks yang diinginkan ke tempat lain. Akan tetapi, ada cara lain yang melakukannya. Pertama, kamu perlu memblok teks yang ingin dipindahkan, kemudian meletakkan kursor ke tempat mana saja kamu ingin memindahkan teks tersebut, dan menekan ENTER. Teks akan langsung berpindah ke lokasi yang baru.

Baca juga:  Apa Perbedaan Office 365 dan Office 2013??

Namun ini semua tergantung kebiasaan. Tidak masalah jika kamu menggunakan fungsi CTRL+X dilanjutkan dengan CTRL+V seperti pada umumnya.

 

Memasukkan Karakter Khusus

Fitur Tersembunyi Words

Salah seorang sahabat Winpoin, Labib Muhammad, mengungkap trik tambahan ini, dan rasanya sayang sekali bila tidak diabadikan. Jadi kita dapat memasukkan simbol khusus dengan menahan tombol ALT, lalu mengetikkan kode simbol menggunakan tombol Numerik di bagian kanan. Memang sekilas ribet, tapi jika kamu sering menggunakannya, otomatis kamu akan hafal simbol-simbol ini. Kudos untuk Labib Muhammad!

 

Menambahkan Placeholder Text

Fitur Tersembunyi Words

Jika kamu perlu untuk menghasilkan sebuah paragraf dummy random (tanpa makna) dengan ekstra cepat (dikenal luas dengan istilah Lorem Ipsum), kamu dapat menggunakan Lorem Ipsum Generator yang sebenarnya merupakan fitur tersembunyi bawaan Microsoft Word. Di tempat mana saja kamu ingin membuat paragraf, ketikkan =rand(p,b). Simbol p adalah mewakili jumlah paragraf yang ingin kamu buat, sedangkan b adalah jumlah baris dalam setiap paragraf. Contohnya, mengetikkan =rand(3,5) akan menghasilkan 3 paragraf dummy dengan 6 baris untuk setiap paragrafnya.

Biasanya paragraf palsu dengan bahasa pseudo-latin ini dimanfaatkan untuk proyek web desain, yaitu untuk mengetes layout paragraf dalam sebuah web yang kamu rancang.

Baca juga:  Hasil Polling: Inilah 5 Versi Microsoft Office Paling Populer di Indonesia

 

Kalkulator Tersembunyi

Fitur Tersembunyi Word

Microsoft Word memiliki kalkulator tersembunyi yang dapat menangani operasi aritmatika sederhana yang kamu ketikkan di MS Word. Ingat, hanya operasi sederhana. Kamu akan kecewa jika menggunakannya untuk perhitungan sinus cosinus yang ribet.

Cara memunculkan kalkulator ini adalah dengan mengakses Word Options > Quick Access Toolbar. Pilih All Commands kemudian cari fungsi Calculate dari tabel yang ditampilkan. Setelah itu tambahkan fungsi tersebut ke Quick Access Toolbar dengan menekan OK.

Fitur Tersembunyi Word

Cara memanfaatkannya, kamu cukup mengetikkan operasi aritmatika sederhana di Word, kemudian memblok operasi bilangan tersebut dan menekan ikon Calculate di Quick Access Toolbar milikmu. Nah, hasilnya akan muncul di sudut kiri bawah (status bar).

 

Semoga berbagai fitur tersembunyi Microsoft Word ini dapat membantu kamu untuk lebih produktif lagi dalam memanfaatkan software andalan Microsoft ini. Punya saran lain atau shortcut yang menurut kamu jarang diketahui orang lain? Silahkan tambahkan di kolom komentar berikut.

 

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Limit Breaker

    baru tau nih ad kalkulator

    *lain kali gambarnya pake mayuyu bro :ngacir: :hammers*

  • Labib Muhammad

    Hahaha, aku disebut. Oh, ya, aku dapet tips nya dari +Incredible Things.
    BTW, apa cuma aku disini yang pernah ketipu sama Lorem Ipsum yang dikira cerita bahasa Latin?

    • itu benernya apaan sih artinya? Di template2 juga biasa menjadi dummy text..

      • Labib Muhammad

        Aku pernah nanya sih, katanya cuma untuk isian contoh/prototype.
        Juga sempat di sparta gara-gara ribet soal itu :’v

      • ZAY

        _-_ udah jadi default contoh demo postingan template ini :v
        standard international _-_
        artinya :
        Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?

        source https://id.wikipedia.org/wiki/Lorem_ipsum

      • Syafri

        Om febian office mobile di winphone bisa gk sih sisipkan/insert gambar?,kalau bisa caranya gimana?

  • om, kalau lorem ipsum generator pakai =lorem(p,b)
    kalau =rand(p,b) untuk placeholder text yang berisi tentang microsoft word :D

  • Faradifan Sastra

    Baru tau ada generator lorem ipsum sit dolor amet :v

  • Hiday Mlico

    ane gak paham mengenai “Memindahkan Teks Tanpa Cut-Paste”….bingung T_T :'(