HOT: Linux Command Line Segera Dihadirkan ke Windows 10

HOT: Linux Command Line Segera Dihadirkan ke Windows 10

0

Baru saja beberapa waktu lalu WinPoin mereview CASH, software Bash shell third party seperti Cygwin yang membawa Linux Command Line ke Windows.

Kini melalui event BUILD 2016 kemarin Microsoft mengumumkan telah bekerja sama dengan Canonical (perusahaan dibalik distro Linux Ubuntu) untuk membawa Linux Command Line ke Windows 10 secara built-in.

Kehadiran Linux Command Line ke Windows memang sudah dirindukan banyak pengguna, khususnya para open source developer, dan dihadirkannya Bash shell ke Windows tentu menjadi kabar yang sangat mengejutkan.

 

Menjalankan Linux Command Line, di Windows

HOT: Linux Command Line Segera Dihadirkan ke Windows 10

Bash di Windows ini bukan VM, bukan juga cross-compiled tools, tetapi benar-benar native dan terintegrasi dengan Windows.

Ini artinya kamu bisa menjalankan Bash script, Linux command line seperti sed, awk, grep, dsb. Bahkan kamu juga bisa menjalankan Linux tool seperti Ruby, Git, Python, dsb.

Baca juga:  Setelah Lumia 535, Ada Foto Lumia Lain Lagi yang Bocor

Dan tentu saja kamu bisa memanajemen file sama seperti yang bisa kamu lakukan di Linux.

 

Powered by Ubuntu

HOT: Linux Command Line Segera Dihadirkan ke Windows 10

Bash dan Linux Command Line yang diintegrasikan di Windows 10 merupakan hasil pengembangan bersama antara Microsoft dan Canonical, dimana tentu saja yang dibawa merupakan Bash dari Ubuntu.

So gaes, buat kamu yang terbiasa menggunakan Terminal di Ubuntu, maka kamu bakal familiar untuk menggunakan Bash Command Line di Windows 10.

 

Untuk Developer Toolset, Bukan Server

HOT: Linux Command Line Segera Dihadirkan ke Windows 10

Jika kamu basisnya adalah server admin seperti saya, mungkin tangan kamu gatal untuk segera setup server melalui Bash di Windows. Tetapi maap gaes, karena Linux Command Line di Windows 10 ini diperuntukkan sebagai developer toolset, bukan untuk server.

Baca juga:  Cara Menghapus User di Windows 10

Fungsi utama dan tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam development dan menyiapkan environment seperti yang bisa kamu lakukan di Linux, langsung dari Windows.

Ini bakal sangat memudahkan open source developer yang terbiasa menggunakan Ruby, PHP, Python, dsb.

 

Tidak Bisa Berinteraksi dengan Windows App

Bash dan Linux tool ini tidak bisa berinteraksi dengan aplikasi Windows dan sebaliknya. Misalkan saja kamu tidak bisa menjalankan Notepad dari Bash, atau menjalankan Ruby melalui Bash dari PowerShell.

 

Mulai Disertakan di Build Windows 10 Insider Selanjutnya

Linux Command Line ini bakal mulai tersedia di build Windows 10 Insider selanjutnya, dan akan terintegrasi langsung di Windows 10 Anniversary Update.

Baca juga:  3 Cara Menutup Narrator di Windows 10

 

Microsoft Love Linux

HOT: Linux Command Line Segera Dihadirkan ke Windows 10

Diintegrasikannya binary Ubuntu dan Linux Command Line di Windows 10 benar-benar membuktikan bahwa Microsoft memang mencintai Linux, persis seperti yang mereka kumandangkan sejak di BUILD 2015 lalu.

 

Windows 10 untuk Developer

Ditanamkannya Linux Command Line di Windows 10 membuktikan bahwa Microsoft ingin Windows 10 selalu terdepan sebagai OS untuk developer.

 

Bagaimana tanggapan kamu dengan ditanamkannya Linux Command Line di Windows 10? Apakah kamu penasaran dan ingin segera mencobanya?

Bagikan pendapat kamu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.