Kenapa Windows Selalu Dimulai Dengan Drive C??

Kenapa Windows Selalu Dimulai Dengan Drive C??

14

Kenapa Windows Selalu Dimulai Dengan Drive C??

Drive C: pada komputer umumnya digunakan untuk menginstall sistem operasi Windows, untuk drive D: mungkin berisi partisi data kamu, dan untuk drive E: atau F: mungkin berisi DVD atau CD. Sedangkan Drive G: mungkin untuk Flash USB. Bagaimana dengan Drive A: dan B:?? Pernahkan kamu bertanya-tanya untuk apakah Drive A: dan B: bagi Windows, dimanakah sebenarnya letak Drive A: dan B: itu? Kali ini WinPoin bakal mengungkap pertanyaan yang ada dibenak kamu itu.

Pada awalnya PC IBM menggunakan sistem operasi CP/M (Control Program for Microcomputers) yang tidak memiliki hardisk. PC ini hanya memiliki satu floppy drive, dan hanya itu saja. Jika kamu ingin menambahkan satu floppy drive lagi maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar $1000 atau Rp. 10 juta. Floppy yang pertama untuk menjalankan sistem operasi dan untuk floppy yang kedua untuk menjalankan aplikasi. Jadi Drive A: dan B: adalah tempat untuk floppy disk berawal, dan ini adalah standart yang telah dilakukan IBM PC. Sejak hardware berkembang dengan pesat dan setiap hardisk telah ditambahkan ke dalam komputer, sistem operasi menjadi bagian yang penting dan setiap hardisk ditambahkan dalam bentuk Drive C:.

Baca juga:  Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 10166

Kenapa Windows Selalu Dimulai Dengan Drive C??

Jadi sekarang kamu sudah tahu khan alasan kenapa komputer tidak memiliki Drive A: ataupun Drive B:?

Walaupun komputer kamu sudah tidak menggunakan floppy disk lagi, namun bila kamu memasang floppy disk atau floppy disk protable maka Windows akan mendeteksinya sebagai Drive: A atau Drive B:.

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ajunk

    Gan Itu Deive Recovery itu Gmna Cara Buatnya Gan…
    Itu Untuik BackuP Kan…???

    • Recovery Drive itu bawaan dari pabrikan manufaktur. Biasanya PC dengan built-in Windows memiliki partition recovery ini untuk digunakan restore / recovery / reinstall ketika Windows mengalami masalah, tanpa harus reinstall menggunakan media instalasi semacam DVD / USB Flashdisk bootable

      • Setelah 2 tahun bertanya baru dijawab wawkawka

        • Andre Andrial Barus

          :v

        • Faizal Abdi

          huakakakak parah

        • Labib Muhammad

          Pasti itu pertanyaan dewa, yang memerlukan penelitian selama bertahun-tahun.

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        waduh.. bagus infonya.. tapi setelah 2 tahun baru kejawab..
        dulu winpoin banjir artikel sepi komentar.. sekarang.. tenar gak ketulungan

      • doblonk

        wanjer, pertanyaan 2 tahun yang lalu :v

      • pertanyaan 2 Tahun lalu baru dijawab sekarang wkwkwkwk :D inilah akibat dari repost (dengan perubahan) yang akhir akhir ini sering dilakukan WinPoin :D

  • Nixon Halim

    Haha aku kadang kadang masih pake floppy kok….

  • anton920

    Kenapa kok dinamakan floopy ???
    Seru jg klo mengetahui asal usul penamaan semacam floopy,mouse,keyboard,web,bug,tablet & yg yg paling fenomenal dibalik penamaan “windows”. Barangkali admin berkenan untuk membahasnya.

  • meski udah nggak punya pc yang ada floppy drivenya, tapi aku masih paka floppy buat dimasukin ke organ(piano elektronik) :D

  • awal nyonri

    Saya koq aneh.. Kalo colokin si lumia ke laptop dibaca sebagai drive A..