Home Accessories 3 Cara Memproteksi Flashdisk dari Virus

3 Cara Memproteksi Flashdisk dari Virus

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk (2017)

Ingin tahu bagaimana cara memproteksi flashdisk dari virus?

Flashdisk merupakan media penyimpanan portabel paling populer saat ini. Ukurannya yang kecil, ringkas, dan mudah dibawa kemana-mana membuatnya jadi primadona favorit untuk menyimpan dan bertukar data.

Tetapi jangan heran bila akhirnya flashdisk menjadi rawan terkena virus. Untuk itu di artikel ini WinPoin akan memberikan beberapa tips dan cara memproteksi flashdisk dari virus.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini 3 tips yang bisa kamu praktekkan untuk melindungi flashdisk dari virus:

 

Menjadikan Flashdisk Write Protected / Read-Only

Jika ada teman yang ingin mengcopy data dari flashdisk, atau kamu tengah ingin mengumpulkan tugas melalui flashdisk, maka kamu bisa menjadikan flashdisk tersebut write protected / read-only untuk melindunginya dari virus.

Beberapa flashdisk memiliki panel untuk berpindah dari mode full access ke write protected / read-only. Tetapi mayoritas flashdisk memang tidak memilikinya. Jika flashdisk kamu termasuk yang tidak dilengkapi dengan panel write protect, maka kamu bisa melakukannya secara manual dengan cara ini:

Cara Membuat Flashdisk Jadi Write Protected

Cara ini bisa kamu aplikasikan dalam kondisi apapun, selama data di flashdisk hanya untuk dibaca atau dipindah. Jika ingin menambah data kamu bisa membuka kembali proteksinya. Dengan cara ini flashdisk kamu bakal lebih kebal dari infeksi virus.

 

Memperlengkapi Flashdisk dengan Antivirus Portabel

Tidak semua komputer dilengkapi antivirus yang up to date. Mungkin komputer kamu sangat aman dari virus karena memiliki perlindungan lengkap, tetapi bagaimana dengan komputer teman kamu? komputer sekolah? komputer umum?

Untuk itu memperlengkapi flashdisk dengan antivirus portabel merupakan cara yang sangat brilian untuk memastikan flashdisk kamu mendapatkan perlindungan ekstra. Setiap kali habis mengcopy data dari komputer lain, kamu bisa langsung menjalankan antivirus portabel yang sudah disimpan di flashdisk untuk memastikannya bebas virus sebelum ditancapkan ke komputer milikmu.

Cara ini cukup efektif dalam mencegah dan mengurangi penyebaran virus, serta menurunkan resiko infeksi virus ke komputer kamu melalui flashdisk.

Dari sekian banyak antivirus portabel yang bisa dijalankan langsung melalui flashdisk, ada 10 antivirus flashdisk terbaik yang detailnya bisa kamu baca disini:

10 Antivirus Terbaik untuk USB Flashdisk

 

Lebih Berhati-hati

Tips terakhir untuk memproteksi flashdisk dari virus adalah dengan lebih berhati-hati.

Jangan sembarangan menancapkan dan meminjamkan flashdisk. Sebelum memasukkan flashdisk, pastikan komputer tersebut terlindungi oleh antivirus yang up to date.

Jangan juga mudah tergiur mendownload atau membuka file dari sumber yang kurang terpercaya. Jika kamu mendownload software, pastikan dari situs officialnya ataupun portal download terpercaya.

Terakhir pastikan komputer kamu terlindungi antivirus yang up to date. Ini penting agar jika dalam skenario terburuk flashdisk kamu terinfeksi virus dari luar, virus tersebut tidak sampai tersebar dan menginfeksi komputer yang kamu gunakan.

 

Punya Tips Lain?

Itulah 3 cara memproteksi flashdisk dari virus. Apakah kamu punya tips lain untuk melindungi flashdisk dari virus? Jika ada, silakan bagikan dengan pengguna Windows lain di kolom komentar.

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.