5 Tools Bawaan Windows yang Jarang Digunakan Tapi (Sebenarnya) Bermanfaat

Bukan rahasia lagi jika Windows sebenarnya sudah dilengkapi dengan beberapa tools bawaan, yang sayangnya sangat jarang digunakan oleh pengguna (bahkan mungkin kamu juga jarang menggunakannya). Padahal sebenarnya tools ini juga sangat bermanfaat jika dipergunakan dengan baik. Kuncinya adalah…beri mereka kesempatan! ;)

Berikut ini adalah 5 tools bawaan Windows yang jarang digunakan, padahal sebenarnya tools ini bermanfaat juga.

 

5. Paint

1

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Windows pasti tahu kegunaan Paint untuk apa. Sayangnya aplikasi pengolah gambar ini sangat jarang digunakan di aktivitas sehari-hari.

Jika kamu manfaatkan dengan baik, paint mampu menjadi andalan dalam mengolah gambar tanpa harus menginstall software tambahan. Salah satu manfaat Paint yang sering saya gunakan adalah memakainya untuk merubah ukuran gambar.

Caranya cukup buka Paint, setelah itu tekan CTRL+O untuk membuka gambar yang akan di resize, lalu terakhir tekan resize dan tentukan ukuran barunya. Manfaat lainnya bisa kamu sesuaikan berdasarkan kebutuhan yang kamu inginkan.

2

 

4. Windows Media Player

windows media player

Memang secara fitur Windows Media Player bisa dibilang minim dibandingkan dengan media player pihak ketiga (khususnya masalah deteksi dan menampilkan subtitle). Tetapi dengan Windows Media Player kamu sebenarnya sudah bisa menikmati video dan mendengarkan musik dalam berbagai format tanpa harus mendownload dan menginstall aplikasi pihak ketiga. Terlebih lagi ada beberapa format file multimedia baru yang didukung di Media Player bawaan Windows 10. (Baca juga: Inilah 10 Fitur Tersembunyi di Windows 10 yang Jarang Diketahui Orang)

 

3. Wordpad

wordpad

Pernah kah kamu memakai Aplikasi Wordpad untuk kegiatan pengolah kata? Jika kamu sering menggunakannya berarti kamu adalah pengguna Windows sejati, hehehe.

Dalam keadaan mendesak seperti baru tinstall ulang, Microsoft Office error, atau berada di komputer warnet yang tidak dilengkapi Microsoft Office, Wordpad bisa menjadi penyelamat. Tidak hanya itu saja, dari segi fitur dasar word processing sebenarnya aplikasi ini sudah sangat lengkap. Cobalah sesekali agar tahu seperti apa rasanya mengolah dokumen dengan menggunakan Wordpad :))

 

2. Stiky Notes

 sticky notes

Nah tools ini cocok bagi kamu yang pelupa dan tidak ingin melewatkan hal-hal penting yang sudah kamu jadwalkan. Sticky Notes sangat membantu dalam melengkapi aktivitas sekolah bahkan juga dunia kerja. Tak harus membeli kertas untuk di tempelkan di depan Monitor. Itu hanya akan membuang-buang kertas!

Tetapi cukup gunakan tools Sticky Notes dan tempelkan di desktop Windows kamu, dia akan memiliki fungsi yang sama dengan kertas tersebut.  Save Earth :D

 

1. Snipping Tool

snipping tool

Snipping Tool adalah aplikasi pengambil Sreenshoot yang berada pada Sistem Operasi Windows, fitunya pun hampir sama dengan aplikasi sekelas Lighshot dan Jing. Untuk menggunakannya cukup buka Snipping Tools, setelah itu pilih mode pengambilan screenshot yang kamu inginkan. Contohnya favorit kita adalah menggunakan Rectangular Snip, maka pilih saja itu. Dan setelah itu kedepannya kamu tinggal klik New setiap kali akan mengambil screenshot gambar.

5 Tools Bawaan Windows yang Jarang Digunakan Tapi (Sebenarnya) Bermanfaat

 

Itulah 5 tools bawaan Windows yang jarang digunakan orang, meskipun sebenarnya bermanfaat. Dari 5 tools diatas, mana yang paling menjadi favorit kamu dan paling sering kamu gunakan?

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.