Home News 7 Fitur yang Tidak Bisa Lagi Kamu Nikmati Setelah Upgrade ke Windows...

7 Fitur yang Tidak Bisa Lagi Kamu Nikmati Setelah Upgrade ke Windows 10

7 Fitur yang Tidak Bisa Lagi Kamu Nikmati Setelah Upgrade ke Windows 10

Windows 10 Final dipastikan rilis 29 Juli nanti, dan ini bakal menjadi upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1. (Baca juga: Pengguna Windows 7 dan 8.1 Sudah Bisa Daftar untuk Upgrade Windows 10 Gratis)

Namun diantara kehadiran berbagai fitur keren Windows 10, ada juga beberapa fitur Windows yang tidak bisa lagi kamu nikmati setelah melakukan upgrade ke Windows versi terbaru ini.

Berikut ini adalah daftar fitur yang tidak lagi bisa kamu nikmati setelah upgrade ke Windows 10

 

Windows Media Center

Jika kamu pengguna Windows 7 Home Premium / Pro / Ultimate, Windows 8 Pro with Media Center, dan Windows 8.1 Pro with Media Center, maka setelah upgrade ke Windows 10 maka fitur ini tidak bisa kamu temukan lagi. Hal ini karena Windows Media Center memang sudah dihentikan pengembangannya dan tidak lagi disertakan di Windows 10. (Baca juga: Selamat Tinggal Windows Media Center)

 

DVD Playback

Untuk memainkan DVD di Windows 10, kamu memerlukan software DVD Player sendiri. Hal ini tidak menjadi masalah karena ada cukup banyak software DVD Player gratis yang bisa kamu dapatkan, seperti VLC, GOM Media Player, dsb.

 

Gadget

Jika kamu merupakan fans fitur gadget di Windows 7, maka kamu tidak akan bisa menikmatinya lagi di Windows 10. Gadget telah dihilangkan sejak di Windows 8.x dan diteruskan juga di Windows 10. (Baca juga: Cara Mengembalikan Desktop Gadget di Windows)

 

Manual Update

Jika sebelumnya kamu bisa memilih update mana yang bakal terinstall dan mana yang tidak, pengguna Windows 10 Home tidak bisa melakukannya. Semua update yang dirilis bakal otomatis terinstall di Windows 10 Home tanpa terkecuali.

Namun demikian pengguna Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise masih bisa memilih update mana yang ingin diinstall dan mana yang tidak.

 

Solitaire, Minesweeper, dan Hearts

Solitaire, Minesweeper, dan Hearts merupakan game built-in di Windows 7, dan setelah melakukan upgrade ke Windows 10 kamu tidak akan bisa menemukannya lagi. Namun sebagai gantinya ada versi baru dari game ini di Windows 10 yaitu Microsoft Solitaire Collection dan Microsoft Minesweeper.

 

USB Floppy Drive

Driver USB Floppy tidak lagi disertakan di Windows 10 secara default, untuk itu bagi kamu yang memiliki USB Floppy Drive maka kamu harus mendownload driver terbarunya dari Windows Update atau situs official manufaktur nya.

 

OneDrive di Windows Live Essentials

Jika di Windows kamu terinstall Windows Live Essentials, maka OneDrive App bakal otomatis teruninstall dan tergantikan dengan OneDrive versi inbox terbaru.

 

Itulah 7 fitur yang tidak bisa kamu nikmati lagi setelah melakukan upgrade ke Windows 10. Tetapi beruntung bahwa mayoritas fitur yang hilang tersebut ada software alternatifnya yang bisa didapatkan secara gratis. Jadi tentunya hal ini tidak terlalu menjadi masalah. ;)

via microsoft

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Semoga Windows Aero muncul kembali ke Windows 10..

    • Utk Start Menu & Taskbar udah transparan sih, tinggal window bar nya aja yang ada transparan nya maka mirip deh sm Windows Aero dulu :D

  • Radith Yoga

    nanti gak ada lagi giveaway key WMC seperti jaman windows 8 :(

    • gak ada, secara WMC nya aja udah gak ada..hehe :D

  • Budiです

    Update manual yang agak sulit diterima kalo misalkan tidak ada di Windows 10 Home nanti. Kasian yang koneksi internetnya ngga lelet dan ngga lancar.

    • yup, entah kenapa versi Home harus mendapatkan install update secara otomatis, sedangkan di versi lain bisa di defer :D

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        wes jadi perhatian semu nih para developernya menerapkan update seluruhannya kalo ada terdapat BUG GANAS di salah satunya… wes gawat..

  • Fayyadh Muchlis

    kalo Windows Update on terus boros kuota dong ~,~ pake VPN Premi aja deh biar gk pusing mikir kuota :v

  • Meigi Shafardi

    Waduh… kalo misalnya cuma dikasih pilihan mana update yang mau diinstall, berarti nantinya semua update yang baru dateng bakal tetep didownload gitu?

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      otomatis

      • Meigi Shafardi

        pfftt… makin gak ramah buat user yg pake internet berkuota ~

        • Rasshid

          Makanya kita harus sering sering bawa laptop ke sekolah ato wifi ID corner :v

  • Labib Muhammad

    Kalau aku prefer pakai Rainmeter sebagai pengganti Gadget (^^)

  • Fitur ini kurang berguna sih xD

  • Nurcahya

    Walah parah amat yang update otomatis. Udah koata mahal dan dikit pula

  • inggo iwan10

    gadget pack bukan nya gadget windows 8 sama 8.1 juga gak ada y?

  • Roger Darko

    waah jadi males gue upgrade.. lebih enak di win 7 .. soalnya upgrade ke window 10 2 giga lama lelet nunggu.. itupun belum tentu sukses.. kalo ga sukses black screen deh data bakal hilang semua plong kosong install ulang lagi .. uang lagi meskipun instal cuman 30 rebu doang.. kalo beli roko ama cemilan udah seneng buat nemenin malam internet

  • Roger Darko

    btw yg punya ini blog udah pake win 10 belum? pasti belum kan

  • Roger Darko

    pokok nya kalo udah upgrade ke win 10 lo mesti loyal ama kuota lebih jelas punya hostpot personal.. tapi ga selamanya hostspot berjalan dgn baik dan benar kalo musibah menimpah anda VALID IP CONFIGURATION AND LIMIT ACCSES bakal mangap seharian ngefix ga ketemu ketemu bugsnya kepaksa deh mati pc sejenak

  • Roger Darko

    bagi yg ga punya hostpot eh sok nyoba upgrade win 10 pake pc pula.. bakal terkuras tu dompet.. soalnya limit ongkos.. mau pake modem musti beli kuota .. kalo beli kuota 5 giga sekejap mata udah habis… apa lagi kuota internet sekarang makin gampang alias mahal.. miris banget .. apa lagi yg pake laptop bueeeh ga punya hotspot personal pula bakal nenteng mulu tuh biar di win 10 dape upgrade..

    yg harus lo persiapkan untuk upgrade win 10

    1. mesti punya pc /laptop personal.
    2.wifi/hostpot personal via mikrotik lebih ngebut dan tanpa terbatas.
    3.pintar mengelokasikan visa di saku.
    4.loyal memlih paketan bulanan.

  • Roger Darko

    intinya lo punya kerja