Home Editorial Inilah Kenapa Microsoft Sangat Peduli dengan Android dan iOS (Bahkan Memboyong Semua...

Inilah Kenapa Microsoft Sangat Peduli dengan Android dan iOS (Bahkan Memboyong Semua Keunggulan Windows Phone Kedalamnya)

Microsoft Resmi Menghadirkan Cortana ke Android dan iOS Mulai Akhir Juni Ini

Sebagian dari kamu mungkin merasa sedikit geram, kecewa, atau bahkan menarik nafas panjang ketika mendengar akhirnya Cortana dihadirkan juga di Android & iOS. Tentu saja Cortana bukan satu-satunya produk Microsoft yang dihadirkan kesana, Office Mobile yang diharapkan menjadi andalan Windows Phone ternyata juga hadir di platform tetangga dengan fitur yang sama (termasuk juga dirilisnya smart assistant Office Now di Android & iOS).

Alhasil Windows Phone seolah dikebiri, semua keunggulannya sudah bisa dinikmati di platform lain, mulai dari Cortana, Office Mobile, Here Maps (by Nokia), MixRadio (dijual Microsoft ke Line), dsb. Semua sudah diboyong hingga seolah tidak ada lagi yang tersisa.

Lalu kenapa Microsoft membiarkan — bahkan menjadi pihak utama yang membuat hal ini terjadi?

 

Microsoft Mengaku Kalah, Tetapi….

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di platform mobile, Microsoft dengan Windows Phone-nya masih tertinggal di belakang Android dan iOS. Begitu jauhnya tertinggal hingga seolah developer tidak menganggap platform ini ada.

Beberapa developer layanan populer jual mahal tidak mau merilis aplikasi official mereka di Windows Phone Store, bahkan melarang pihak lain merilis aplikasi unofficialnya *lirik Snapchat*. Beberapa lainnya merilis aplikasi official tetapi jarang sekali mengupdatenya, bahkan tetap membiarkannya berstatus beta dalam jangka waktu lama *lirik Instagram*. Lalu sisanya rutin mengupdate aplikasi officialnya, tetapi seolah tidak mendengar keluhan bahwa performa aplikasinya cukup buruk di Windows Phone *lirik BBM*.

Untuk market konsumer, Microsoft terlihat menyerah dan mengakui kekalahannya. Tetapi satu hal yang mereka tidak ingin dikalahkan, yaitu di market enterprise!

 

Tidak Ingin Kalah di Market Enterprise

Microsoft memang membuat software untuk konsumer, tetapi pendapatan terbesar mereka sebenarnya dari enterprise. Menyadari kekalahan mereka di platform mobile untuk konsumer, Microsoft tidak ingin kalah juga di market enterprise.

Hal itu membuat mereka gila-gilaan memboyong fitur utama Windows Phone ke Android dan iOS, termasuk Office dan Cortana. Hal ini mungkin sedikit mengecewakan bagi kita sebagai konsumer, tetapi mau tidak mau harus dilakukan untuk menang di market enterprise.

Hal itulah yang membuat Microsoft membeli berbagai aplikasi produktivitas terbaik di Android dan iOS, lalu menggabungkannya dengan aplikasi terbaik buatan Microsoft untuk dirilis disana.

 

Menguasai Seluruh Platform Mobile

Dengan strategi ini ternyata Microsoft bisa menguasai aplikasi produktivitas dan enterprise di semua platform mobile.

  • Ketika orang mencari aplikasi office mobile terbaik, Microsoft Office adalah jawabannya.
  • Ketika orang mencari aplikasi email client mobile terbaik, Outlook Mail adalah jawabannya (yup, aplikasi ini berbasis Acompli, mail client terbaik di Android & iOS yang dibeli Microsoft).
  • Ketika orang mencari aplikasi to-do-list terbaik, Wunderlist adalah jawabannya (yup, aplikasi to-do-list terbaik ini baru saja dibeli oleh Microsoft).
  • Ketika orang mencari aplikasi calendar terbaik, Microsoft Calendar adalah jawabannya (yup, aplikasi ini berbasis Sunrise, aplikasi calendar terbaik di iOS dan Android yang dibeli oleh Microsoft)
  • Ketika orang mencari smart assistant mobile terbaik, Cortana adalah jawabannya
  • Ketika orang mencari layanan cloud mobile terbaik, orang memilih OneDrive karena sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi produktivitas lain diatas.
  • Dan mayoritas pengguna mobile bakal memiliki Microsoft Account untuk bisa terintegrasi antara satu aplikasi dan aplikasi lainnya

Akhirnya apapun platform mobile nya, Microsoft menjadi pemain kunci didalamnya. Aplikasi produktivitas di Android, iOS, dan Windows 10 Mobile semua akan dipegang oleh Microsoft. Dan yang terpenting, sinkronisasi dan integrasi pengguna aplikasi produktivitas di platform mobile sepenuhnya ada dalam kendali Microsoft.

 

Aliran Uang Mengalir ke Microsoft..

Dengan dikuasainya aplikasi produktivitas oleh Microsoft, maka artinya aliran uang baik dari enterprise ataupun konsumer untuk produktivitas mobile semua mengalir ke Microsoft, tidak peduli apa platform mobile yang mereka gunakan.

Pada akhirnya popularitas Windows 10 Mobile tidak akan begitu berpengaruh bagi pendapatan Microsoft dari layanan mobile, karena mereka tetap menghasilkan profit dari platform mobile apapun yang digunakan oleh pengguna, khususnya dari kalangan enterprise.

Semakin populer Android, Microsoft tetap untung. Semakin populer iOS, Microsoft juga untung. Dan semakin populer Windows 10 Mobile, Microsoft lebih untung lagi.

Strategi yang jenius, bukan?

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Budiです

    Dari awal juga ngga terlalu peduli perang Mobile OS yang gencar dibanggakan masing-masing Fanboy. Asalkan ane make WP OS stabil dan penangganan error semudah Windows desktop sih ngga masalah lah + aplikasi populer dapet perhatian juga / 3rd party aplikasi populernya ngga dijegal developer aslinya.

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    kayaknya menyamakan ketenaran seperti di PC

  • WP tetap harus diutamakan

  • Reowijaya

    Udah nyadar sih.. Jangankan pihak ketiga.. Google dan apple aja males bikin aplikasi buat windows phone.. Jadi drpada ikut bersaing dan berharap konsumen mereka (google & apple) melirik WP, mending menawarkan konsumen mereka, layanannya (microsoft) sendiri :)

    • Cuma Google yang males. Ini nanti akan aku ulas di artikel tersendiri.
      Kalau Apple dari dulu gak ngasih aplikasi miliknya kemana-mana :D

      • Reowijaya

        O iya sih seenggaknya google ngasih google search nya buat WP :v drpd apple

        • lumayan ada satu, daripada gak ada sama sekali..makasih Google, bruakak :v

          • Reowijaya

            Diam diam google memperhatikan :v

        • Mimin

          yang gak pernah diupdate dari tahun jebot :v

      • AR_242

        Google pelit app youtube, semoga MS bikin app tandingan youtube dan app buatan MS lebih terkenal :)

        • Reowijaya

          Malo saya tunecast udah lebih dari cukup :D

        • Reowijaya

          Typo “kalo” “tubecast” :D

  • Whyu Wa

    dan akhirnya kecewa, korban bisnis

  • Agung Dedy

    Sedih banget rasanya baru juga pindah OS biar tau gimana rasanya wp sempet onfire waktu denger W10M mau rilis,dan app andro /ios bisa masuk wp. Suka wp soalnya simple cuma saking simplenya merasa diduakan sedih masbro

  • YanDhika

    tik tok joke

    Cortana “ada orang di dalam rumah?”
    Nowy (google now) “silahkan masuk…”
    Cortana “terima kasih (didalam pikiran cortana: aku akan menebas lehermu….) ” #efek suara horror: “ngeeng ngeeng ngeeng” :v

    • Pasti kebanyakan nonton slasher (0 0)/

      • YanDhika

        :v nggak juga

      • Kresna

        Abis Liat Insidious tuhh bang

  • Zulmi Kurniawan

    Kecewa sih. Tp mau digimanain lagi. Pekerja microsoft juga perlu makan. Setidaknya wp menjadi alternatif ponsel yg memiliki performa mumpuni untuk semua lininya. Gak perlu keluar duit belasan juta tuk dapat experience yg bagus, gak perlu beli aksesoris yg mahal, gak perlu ganti hp tuk dapat updatean os, gak perlu bersih bersih ram, gak perlu bawa power bank, apa lagi yaa? Ada yang mau nambahin? Wkkkk
    Tinggal 1 aja pr besar microsoft. Gimana meyakinkan developer apps sebelah itu mau ikut project astoria dan islandwood. Terus apakah terjunnya microsoft di bisnis enterprise bakal membeli bb tuk memperkuat sisten keamanan enterprise?
    Kalo gagal dan wp gak bener2 jd hp yg terbaik di produktifitas dan keamanan, yaa goodbye deh wp. Udah gak disupport developer, aplikasi eksklusifnya gak ada, gak bener2 hp enterprise, paling fitur continuum bakal ada di hp yg mahal.

    • Mochammad Reza

      Saya tau itu untuk siapa? Wkwkwkwk..

  • doblonk

    yang penting duit bro :v

  • Samuel Manjo

    Bisa dibilang posisi Microsoft masih lebih baik dari Blackberry, karna sudah berpengalaman di software dan layanannya…

  • iPutu

    that why i love Microsoft :v ,, monopoly everywhere :v

  • Sebenarnya strategi ini malah menguntungkan pengguna dan microsoft tentunya. Kita nggak perlu lagi repot2 pake beberapa layanan sekaligus. Misalkan untuk penyimpanan cloud kita hanya perlu pake onedrive. Saat kita pindah platform ke android kita nggak perlu capek2 mindahin semua data dari onedrive ke google drive, cukup instal saja onedrive di android. Kan kita sendiri juga nantinya capek kalau nggak lintas platform, harus daftar lagi, mindahin lagi, belum lagi internetnya macet, lelet, dll. Dengan lintas platform ini juga mudah buat kita mengakses, share, dll tanpa perlu repot harus menggunakan windows atau harus ada windows.

    • Ardi

      iya, makanya mending android aja ya yang lebih lengkap

  • Derian Silverlight

    dengan semua fitur andalan di boyong ke tetangga, kayanya microsoft sudah menyerah dengan windows phone, curiga windows 10 mobile nanti putus di tengah jalan.

    • Mochammad Reza

      Gak akan gan,lagian W10 itu bukan untuk Smartphone aja,tapi bener2 OS Universal di semua device

  • Dante Niro

    Yang penting kosumen untung menurut saya,soalnya tidak semua orang itu fanatik dengan OS yang dia pakai.Kebanyakn mereka memakai yang simpel dan gak ribet.Saran saya untuk MICROSOFT jangan sampai tidak mempedulikan kenyamanan kosumen dan hanya menguntungkan diri sendiri

  • Kresna

    Nunggu W10M deh, kalo dalam beberapa bulan ga ada perubahan ya… Mau gimana lagi

  • Whatever, but, I still love Microsoft… :v

  • Fadhil Kamal

    Yaah… Pdahal ane udh senang sama nih os,, btw,, klo udh pada migrasi *semoga tdk*,, apakah web ini akan masih aktif?

    • Mochammad Reza

      Ini kan bukan untuk WP aja,tapi semua tentang Microsoft,OS Windows gak akan mati kan? OS Windows adalah OS Dekstop semilyar umat,g ada yg bisa gantiin OS Windows Dekstop

  • Wah om @chrisfebian:disqus ada yang ketinggalan… tolong tambahkan dibawahnya :
    ======================

    Aliran Uang Dimanfaatkan Untuk Modal Windows Phone
    Ya, setelah Microsoft mendapatkan aliran uang yang cukup bayak, tentu sebagianya akan dimanfaatkan untuk modal perkembangan Windows Phone sendiri. Disinilah strategi Microsoft sesungguh-nya dilakukan. Benar ! mereka memanfaat platform kompetitor untuk kepentingan Windows Phone sendiri. Dengan Modal yang besar tentu Microsoft akan menciptakan inovasi dan fitur yang luar biasa yang akan membuat kita terkejut.Nah dengan ini maka daya tarik Windows Phone akhirnya meningkat.

    Diakhir Popularitas Windows Phone Akan Meningkat TajamMemang saat ini Windows Phone sedang ada di bawah. namun berkat strategi tadi maka Windows Phone akan menjadi smartphone yang menguasai pasar, sehingga mereka bisa mengalahkan kompetitornya yaitu Android dan iOS. dan sekali lagi Windows Phone akan sukses berkat mereka !

    Jika Strategi Microsoft GagalMicrosoft adalah perusahaan besar yang sudah cukup lama. Mereka mempunyai berbagai strategi luar biasa, namun ada kalanya sebuah strategi gagal. ya, jika strategi Microsoft gagal maka yang ada Windows Phone akan berada pada titik terbawah, ya bukan tidak mungkin Microsoft pada divisi os smartphone akan dihentikan.

    Tidak Perlu Khawatir !Etss, tapi tak perlu khawatir jika strategi Microsoft gagal, Mengapa ? Karena percayalah Microsoft dijauh hari telah mempersiapkan segala hal yang mungkin terjadi ! Jika strategi ini gagal tentu Microsoft telah mempersiapkan plan B. Percayalah ! Siapa yang tau ?

  • Sukandar Suhe

    Gakan pernah kecewa lah saya sama ini device, , ,

  • Bahtiar

    Wah
    Microsoft musuh dalam selimut nih yg setiap saat… kpn saja dia mau bsa menerkam googledg android dan ios nya karna dia yg memainkan peranan penting di dalam os tsb

  • Mochammad Reza

    Pada kaya orang t0l*l gan di forum2 sana,bela mati2an,di bayar juga gak itu sama perusahaan yg mereka bela,gimana kalo di ketemuin,bisa2 udah gak peduli lagi mereka saudara senegara bantai aja demi OS yg mereka bela,kecuali sih sales ya

  • Adnan Zaki

    Setuju gan. Dulu ane suka maen di t****up, tp makin hari orang2nya makin gila dan komentarnya ga nyambung ama news. Akhirnya ane cm jd silent rider. Dan pas nemu winpoin, ane makin males main kesitu. Maklum aje gan, disono gak ada rules utk komentar makanya semau mereka aja. Admin disana jg pasif, gamau berbaur ama pembacanya. Dan terakhir, ane skrg user lumia, jd ky dpt chemistrynya bgt kalo disini xD

    • Nurcahya

      padahal seru loh buka T****up atau d***k. kadang saya ketawa sendiri baca komentar orang orang kayak gitu :v
      bisa jadi hiburan tersendiri :v

    • Budiです

      tekup mah seru gan, buat lahan memancing :v

      Satu hal yang menarik dari fanboy adalah, mereka gampang dipancing emosinya

  • Mochammad Reza

    Iya kalo itu saya setuju,semoga aja dengan project astoria n islandwood,app di os sebelah available di store,semoga

  • fix intinya microsoft hanya cari untung :v