Kelebihan Torrent Dibandingkan Download Biasa

Beberapa orang suka mendownload dengan torrent dan lainnya mendownload dengan cara biasa. Lalu Apa sebenarnya kelebihan torrent dibandingkan download biasa atau direct download? Apakah download menggunakan torrent selalu lebih cepat dari download biasa? Apakah download torrent lebih aman dari download biasa? Pertanyaan-pertanyaan itu akan segera WinPoin jawab, berharap kamu bisa menentukan mana yang baik untuk kamu. (Baca: Apa itu Torrent dan BitTorrent — Serta Bagaimana Cara Kerjanya)

Banyak opini yang mengatakan kalau mendownload file dari torrent itu lebih cepat dari download biasa. Sebenarnya opini ini tidak sepenuhnya benar, selain itu ada banyak resiko yang kamu tempuh jika tidak benar-benar teliti memilih file torrent. Resiko yang kamu ambil jika tidak teliti, kamu ditipu file torrent tersebut dengan file virus atau malware. Tapi jika kamu memilih dan memeriksa file torrent dengan teliti maka kamu bisa mendownload file tersebut dengan cepat dari download biasa. (Baca: Cara Mempercepat Download Torrent)

Berikut ini WinPoin akan menjelaskan kelebihan download torrent dibandingkan dengan download biasa.

 

1# – Kecepatan Download Maksimal

Jika kamu memilih file torrent yang tepat maka kamu bisa mendapatkan kecepatan maksimal saat mendownload torrent. Terutama jika kamu memilih seeder yang banyak dibandingkan leechernya, maka kecepatan download yang kamu dapatkan akan maksimal sesuai dengan diberikan layanan provider internet yang kamu gunakan. Jika kamu mencoba mendownload direct sumbernya hanya satu yaitu server filesharing itu sendiri yang membatasi bandwithnya. Hanya segelintir filesharing yang memberikan bandwith penuh ketika kamu mendownload filenya. Sedangkan dengan torrent bandwith akan dibagi ke beberapa seeder sehingga kamu bisa mencapai kecepatan download maksimal.

 

2# – Informasi File Download Lebih Lengkap

Ketika kamu berhasil terhubung dengan setiap peer atau seeder dan mulai mendownload, maka kamu akan mendapatkan informasi lengkap dari file tersebut. Contohnya seperti file yang ada di dalam torrent itu, sumber file, tracklist, bitrate dan sebagainya. Ini membuat kamu bisa mendownload file yang kamu perlukan. Sedangkan ketika kamu mencoba mendownload file secara direct download maka kamu akan mendownload file secara langsung. Tidak ada jaminan bahwa file itu benar-benar file yang ingin kamu download.

 

3# – Jaminan File Asli

Sebelum kamu mendownload file yang kamu inginkan dari torrent, kamu bisa melihat rating, vote, komentar dari situs download torrent yang bisa meyakinkan kamu bahwa file tersebut aman dan asli. Dengan begini kamu tak perlu takut salah download atau file torrent yang kamu download itu merupakan virus karena sebelumnya kamu telah melihat komentar dari rating. Jika banyak komentar negatif dan juga rating yang buruk, kamu tak perlu mendownload file torrent tersebut.

 

4# – Seeder akan Semakin Berkembang

Sebuah tracker akan berkembang dengan sendirinya membawa ke komunitas yang terus berkembang. Dengan begini seeder dari file torrent kamu akan terus berkembang dan membuat kecepatan download maksimal. Semakin lama file torrent tersebut akan semakin banyak seedernya.

 

5# – File Akan Bersarang Di Torrent Lebih Lama

Semua torrent akan disimpan sampai berbulan-bulan, selain itu banyak file torrent yang disimpan untuk selama-lamanya. Contohnya seperti torrent dari file Ubuntu atau software gratis lainnya. Sementara di situs file sharing, sebuah file hanya akan disimpan hanya beberapa minggu. Selain itu Tracker juga akan menyimpan info tentang file kamu.

 

6# – Pencarian yang Lebih Mudah

Tracker memiliki banyak cara yang dapat memperluas pencarian file ke Search Engine. File torrent yang kamu bagikan akan dapat ditemukan dengan cepat di Search Engine. Ini akan membuat seeder dari file kamu terus bertambah jika kamu membagikan file populer.

 

7# – Download File Lebih Jelas dan Mudah

Beberapa Tracker menyediakan cara mudah untuk mendownload, kamu hanya perlu mengcopy mangnet link atau torrent file ke software torrent client. Sementara file sharing membutuhkan kejelian saat mendownload, kamu harus berhati-hati karena banyak iklan yang terpampang di situs mereka.

 

8# – Bebas Download dengan Kecepatan Maksimal

Tidak ada batasan untuk mendownload berapapun torrent, tidak ada waktu untuk menunggu antara download satu dengan download lainnya, selain itu tidak ada penurunan kecepatan pada download torrent selanjutnya. Sedangkan di situs file sharing kamu harus menunggu untuk download file selanjutnya. Selain itu kadang-kadang ada penuruan kecepatan download untuk download file kedua.

 

9# – Download Lebih Leluasa

Hampir semua file torrent ketika kamu download bisa kamu pause dan resume lagi. Jadi ketika kamu download di tempat WiFi-Id, tiba-tiba waktunya habis atau ketika kamu ingin pulang ke rumah kamu bisa mempausenya dan resume lagi ketika ingin mendownload lagi. Sedangkan hanya beberapa file sharing saja yang bisa kamu pause dan resume lagi.

 

Tidak semua file torrent aman untuk kamu download, kadang beberapa diantara mereka memiliki virus dan kamu harus awas, selalu aktifkan antivirus untuk keamanan komputer kamu. Memang banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari mendownload torrent, tapi dilihat dari kebutuhannya juga. Kalau kamu mencoba download Ubuntu dari direct download gagal atau tidak mencapai kecepatan download maksimal, mungkin kamu harus mencoba torrent.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari download torrent menurut WinPoin. Jika kamu merasakan keuntungan lain dari download torrent dari download direct yang tidak WinPoin sertakan di atas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.