Sebelumnya WinPoin pernah menulis sebuah tutorial mengenai Cara Membuat Banyak Bootable Instalasi OS Dalam Satu Flashdrive Dengan Ventoy dan Cara Membuat Bootable Windows 10 dengan Ventoy, dan jika kamu perhatikan, pada versi yang kami gunakan tersebut, Ventoy mengharuskan kita memformat USB Flashdrive untuk menjadikannya sebagai bootable untuk instalasi OS selanjutnya.

Tentu hal tersebut cukup meresahkan, terlebih jika ada data penting didalamnya dan kamu tidak ada tempat lagi untuk membackupnya. Nah mengenai hal tersebut, dalam versi baru 1.0.59, Ventoy mendapatkan sebuah fitur baru yang memungkinkan kita membuat file ISO yang disimpan di Flashdrive dapat berjalan tanpa harus memformat USB Flashdrive tersebut loh.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan yang paling penting adalah di USB Flashdrive kamu, wajib ada table partisi, dan partisi pertama haris dimulai dengan ukuran 1 MB, selain itu partisi pertama juga harus berformat NTFS. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa melihat dokumentasi Ventoy pada halaman berikut.

Secara umum memang benar bahwa dengan fitur ini, kita bisa dengan mudah menggunakan Ventoy tanpa memformat data didalam USB Flashdrive, namun tentu ada kekurangannya juga bahwa kamu harus sedikit berjuang untuk menggunakan fitur ini diawal saja. Karena jika tidak memenuhi persyaratan seperti yang telah disebutkan, maka Ventoy akan menolak untuk menggunakan fitur ini.

Tentu saat ini fitur ini masih bersifat experimental, jadi mungkin akan ada bug dan masalah yang akan ditemukan, hingga saatnya tiba, menggunakan fitur ini mungkin kurang direkomendasikan.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : GitHub

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.