Siapa disini yang masih sering mendownload aplikasi atau OS diluar dari situs resminya? jika ada tentunya kamu mungkin sudah tahu bahwa kadang suka ada installer palsu atau yang telah dimodifikasi dan berisi dengan malware berbahaya yang bertujuan untuk merusak system atau mencuri data penting pengguna.

Mengenai hal tersebut, tahukah kamu bahwa baru baru ini beredar sebuah installer Windows 11 Insider Preview Build 21996.1 palsu dengan iming iming telah membawa aktivator didalamnya, dan tentu seperti kebanyakan kasus lainnya, installer palsu ini hadir dengan malware yang malah menginfeksi perangkat pengguna.

Tepat seperti pada gambar diatas, meski memang saya yakin bahwa kebanyakan pembaca WinPoin tahu bahwa installer tersebut palsu, namun installer bernama 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe ini nyatanya telah berhasil menipu banyak orang, terlebih mereka yang benar benar gagap teknologi dan ingin mendapatkan versi Windows 11 gratisan.

Dilansir dari Kaspersky.com, file 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe ini berukuran sekitar 1.76 GB, dan nyatanya isi didalamnya hanyalah berisi sejumlah DLL file dengan informasi tidak berguna yang bertujuan untuk membuat installer ini berukuran besar.

Sesaat setelah membuka file exe tersebut, installer akan bekerja layaknya Windows installation wizard pada umumnya, namun dibalik itu, ternyata installer tersebut mendownload dan menginstall installer lain yang lebih menarik, dan yah sama seperti yang kamu kira, installer kedua adalah download manager for 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator, yang ketika diinstall sepenuhnya akan membawa sejumlah aplikasi iklan.

Mengenai installer palsu dan bodoh ini, Kaspersky memperingatkan pengguna untuk mendapatkan Windows 11 melalui Windows Insider, dan tidak menginstall Windows 11 di perangkat utama karena masalah stabilitas yang masih kurang.

Nah bagaimana menurutmu? apakah kamu akan tertipu dengan installer palsu Windows 11 tersebut? komen dibawah guys.

Via : Kaspersky

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.