Home PC Windows Store di Windows 10 Bermasalah? Ini Beberapa Cara Mengatasinya!

Windows Store di Windows 10 Bermasalah? Ini Beberapa Cara Mengatasinya!

Bermasalah dengan Windows Store di Windows 10, Gunakan Beberapa Cara Ini untuk Menyelesaikannya!

Windows Store adalah aplikasi Official dari Microsoft untuk mendownload ribuan aplikasi ataupun game yang bisa kamu instal. Tapi, banyak user yang sering mendapatkan masalah pada Windows Store mereka, entah itu stuck, freeze, hang, dsb.

Karena hal tersebut, berikut saya akan merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai opsi troubleshooting ketika mengalami kendela pada Windows Store di Windows 10.

 

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ini merupakan hal yang paling mendasar, karena untuk menjalankan Windows Store atau Modern apps, sangat dibutuhkan koneksi internet yang tidak hanya cepat, tetapi harus stabil.

 

Membersihkan Cache Windows Store

Cara kedua adalah dengan membersihkan cache Windows Store, sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah seperti proses installasi ataupun update aplikasi yang lama. Selengkapnya, Cara Membersihkan Cache Windows Store di Windows 10.

 

Menggunakan Windows Store Troubleshooter

Opsi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjalankan Tool Windows Store Troubleshooter. Tool ini bisa mendeteksi masalah dan memperbaiki masalah tersebut jika memungkinkan. Untuk menggunakannya, kamu harus mendownload terlebih dahulu melalui Web Microsoft. Selengkapnya, Cara Menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di Windows 10.

 

Konfigurasi Jam dan Time Zone dengan Benar

Hal ini juga penting, karena Windows Store membutuhkan local time yang tepat ketika mendownload atapun menginstal aplikasi dari server Windows Store, dan juga modern apps lainnya juga membutuhkan jam dan time zone dengan benar. Selengkapnya, Cara Sinkronasi Waktu di Windows 10 dengan Internet Time Server.

 

Reset Windows Store

Semenjak mulai bergulirnya Anniversary update ke Insider (Build 14328), Microsoft memberikan kemudahan untuk mereset modern apps ketika bermasalah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa klik melalui Settings untuk mereset modern apps (termasuk Windows Store). Selengkapnya, Cara Mudah Reset Apps Bermasalah di Windows 10.

 

System Restore

Jika cara-cara diatas belum menyelesaikan masalah. Opsi system restore bisa menjadi pilihan, kamu bisa kembali ke saat dimana masalah tersebut belum terjadi, tapi perlu kamu pikiran apa yang akan hilang ketika menggunakannya. Selengkapnya, Cara Melakukan System Restore di Windows 10.

 

Refresh Windows 10

Jika system restore belum menyelesaikan masalah juga. Kamu bisa mencoba opsi Refresh, dengan menjalankan cara ini maka kamu bisa mendapatkan fresh sistem Windows 10 dengan ataupun tanpa personal file yang terbawa. Selengkapnya, Cara Refresh Windows 10 dengan Tool Refresh Windows.

 

Install Ulang Windows 10

Terakhir dan yang paling ekstrim adalah dengan melakukan install ulang Windows 10. Kamu bisa mengambil opsi ini jika masalah yang dialami benar-benar kompleks.

 

Nah itu dia gaes beberapa cara yang bisa saya berikan sebagai refrensi jika mengalami masalah pada Windows Store di Windows 10. Semoga beberapa cara sederhana diatas bisa menyelesaikan masalah pada Windows Store, sebelum kamu menggunakan cara yang terakhir.

Pastikan kamu bookmark artikel ini jika kedepannya menghadapi masalah dengan Windows Store dan share ke teman-teman kamu yang sedang mengalaminya. Ohh ya jika memiliki cara sendiri untuk menyelesaikannya, jangan lupa untuk share melalui kolom komentar.

Jika ada pertanyaan seputar Windows ataupun mengalami masalah dengan Windows kamu, kamu bisa bertanya melalui Forum WinPoin. Posting pertanyaan kamu disana, dan kami akan berusaha untuk membantu kamu ;)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.