Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, LastPass mulai 16 Maret 2021 nanti membuat sebuah kebijakan baru yang mencekik para pengguna akun free atau gratisannya, dimana bagi para pengguna akun free, mereka hanya diijinkan untuk mengakses pada satu device saja, misalnya, jika saya menggunakan LastPass di perangkat Mobile (iPhone misalnya), maka saya tidak bisa mengakses LastPass di Desktop atau Laptop, sebaliknyapun begitu.

Baca Juga : Sebuah Kabar Buruk Untuk Para Pengguna LastPass “Free/Gratisan”

Tentu saya tidak suka dong, sehingga saya berniat ingin beralih ke Microsoft Autenthicator, atau Kasspersky Password Manager, setidaknya itulah rencana saya hingga salah satu komentar dari pembaca WinPoin @Kurotsuki Kaitou via Disqus, merekomendasikan BitWarden, Password Manager yang Open Source.

Apa itu BitWarden?

BitWarden adalah Password Manager yang mana dikembangkan secara open source, dan sesuai dengan pesan dihalaman utamanya, BitWarden menjual kepercayaan pada layanan mereka, “The Most Trusted Open Source Password Manager for Business” Tulis-nya di halaman bitwarden.com.

Kenapa BitWarden dan bukan yang lain?

Seperti yang kita tahu, diluar sana ada banyak sekali Password Manager, baik yang gratis seperti KeepPass atau yang berbayar seperti Dashlane dan lainnya, namun kenapa saya memilih BitWarden?, dan setelah mencoba menyelidiki lebih dalam, ada beberapa hal yang saya suka mengenai BitWarden ini, dan berikut adalah diantaranya.

1#. Item Vault Tidak Terbatas

Nah ini adalah salah satu bagian pentingnya, dimana kebanyakan Password Manager lain hanya memberikan ruang terbatas untuk jumlah berapa banyak password yang tersimpan, BitWarden menawarkan tempat penyimpanan tanpa batas bahkan jika kamu menggunakan akun gratisan sekalipun.

2#. Sync Pada Seluruh Devices

Sedangkan LastPass mulai menghilangkan kemampuan Sync multi devicenya (untuk para pengguna akun free), BitWarden masih menawarkan fitur penting ini, dimana kamu tentu bisa melakukan sinkronisasi password di Smartphone dan selanjutnya dapat kamu buka di Desktop.

3#. Password Generator

Tidak lengkap rasanya jika Password manager tidak memiliki Password Generator, dan tenang saja, BitWarden juga menawarkan fitur ini, dimana kamu bisa menggenerate password untuk selanjutnya disimpan di database bitwarden.

Kurang lebih itulah tiga alasan kenapa saya menggunakan BitWarden, dan selain itu karena BitWarden adalah Open Source, maka saya rasa layanan ini lebih terpercaya mengingat banyaknya kasus penjualan data yang sering dilakukan perusahaan besar baik secara terang terangan atau tersembunyi, dan tentu password dan akun adalah satu hal yang kita harus jaga kerahasiaannya.

Tersedia Juga Versi Berbayar

Meskipun saya rasa, bahkan jika versi Free nya sendiri sudah cukup untuk saya gunakan, BitWarden juga menyediakan versi berbayarnya, dimana ada sejumlah fitur lain yang diunggulkan, sebut saja opsi Two Step Login yang lebih banyak, Emergency Access, Vaulth health reports, Encrypted file attachments, shared items, dan lain lain.

Namun tenang jangan khawatir karena beberapa fitur utama yang paling penting sudah dapat kamu nikmati bahkan dengan akun gratisan sekalipun.

Tampilan Dashboard Web Simpel

Selain fitur, saya sendiri suka dengan tampilan web interface nya yang simpel, dimana tidak banyak warna, tidak neko neko, dan udah itu aja, kita tinggal login, langsung masuk vault, dan disana langsung ditampilkan menu yang simpel dan usefull.

Tersedia di iOS, Android, dan Extensi Web Browser

Salah satu hal penting lain yang perlu ada dalam sebuah Password Manager adalah dukungan perangkat, dan BitWarden ini sudah tersedia di hampir seluruh platform, baik iOS, Android, dan sudah mendukung Web Browser Extensions, termasuk Microsoft Edge Chromium, dan bahkan linux via AppImage nya.

Kamu bisa mendownload BitWarden di halaman berikut.

Pengalaman Saya

Meski baru beberapa jam ini saya menggunakan BitWarden, namun Extensi dan aplikasi di Android dan iOS sudah saya gunakan, dan jujur saja, kurang lebih pengalaman yang diberikan sama dengan LastPass, bedanya ya itu, BitWarden Open Source, dengan beberapa fitur dan kelebihan yang sudah saya sebutkan diatas.

Dan setelah beberapa saat ini saya menggunakan BitWarden, menghapus LastPass dan melakukan import semua Password saya di platform ini, saya puas, dan tentu saya akan terus menggunakannya dan semoga saja BitWarden amanah dalam menjaga seluruh password saya.

Secara keseluruhan, dapat saya katakan bahwa BitWarden ini mungkin menjadi Alternatif terbaik jika kamu ingin pindah dari LastPass, untuk lebih jelasnya silahkan kamu coba saja sendiri deh.

Thanks untuk mas @Kurotsuki Kaitou via Disqus atas rekomendasinya..

Kamu punya referensi Password Manager lain? komen dibawah guys.

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.